Kontroversi Anna Netrebko, Ukraina Berprotes atas Penampilan Penyanyi Rusia di Opera Berlin

Kontroversi Anna Netrebko, Ukraina Berprotes atas Penampilan Penyanyi Rusia di Opera Berlin

Kontroversi Anna Netrebko, Ukraina Berprotes atas Penampilan Penyanyi Rusia di Opera Berlin.--(Sumber foto: Instagram @anna_netrebko_yusi_tiago)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Keputusan untuk mengundang Anna Netrebko, penyanyi soprano Rusia yang pernah menciptakan kontroversi, kembali ke panggung Berlin State Opera telah memicu reaksi keras dari pemerintah Ukraina.

Netrebko, yang sebelumnya dihapus dari berbagai panggung internasional karena dukungannya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin, dijadwalkan tampil dalam produksi "Macbeth" yang sangat dinantikan pada hari Jumat.

Kementerian Luar Negeri Ukraina dengan tegas mengutuk keputusan Berlin State Opera ini. Mereka menyatakan bahwa suara Ukraina di Jerman harus lebih didengar daripada suara Anna Netrebko.

Kiev telah berupaya untuk menghentikan penampilan penyanyi Rusia ini, namun tampaknya upaya mereka belum membuahkan hasil yang diharapkan.

BACA JUGA:Khusus Penyuka Rujak! Yuk Eskplore Kelezatan Rujak Kuah Pindang, Kuliner Tradisional Pulau Bali

Dalam upaya untuk mengungkapkan protes mereka, Ukraina mengirim Duta Besar Aleksey Makeev ke pameran anti-Rusia yang berlokasi di dekat gedung opera Berlin.

Senator Kebudayaan Berlin, Joseph Chialo, turut mendampingi delegasi Ukraina dalam protes ini. Makeev juga telah mengeluarkan pernyataan tajam yang mengritik Anna Netrebko di beberapa media Jerman.

Staatsoper Unter den Linden, yang merupakan nama resmi untuk opera Berlin, telah mengumumkan pada bulan Agustus bahwa mereka akan melanjutkan kerjasama dengan Netrebko, mengingat bahwa penyanyi ini belum tampil di Rusia dalam jangka waktu yang cukup lama.

Anna Netrebko merupakan salah satu seniman Rusia yang menjadi sorotan kontroversi di Barat sejak eskalasi konflik Ukraina pada Februari 2022.

Metropolitan Opera di New York City sebelumnya mencoret namanya dari jadwal mereka setelah ia menolak "menghentikan dukungan publik" yang ia tunjukkan kepada Presiden Putin.

BACA JUGA:WhatsApp Kini Ada Fitur Baru Saluran Siaran Pesan Satu Arah, Mirip Banget dengan Instagram

Netrebko bahkan berhasil memenangkan klaim arbitrase senilai $200.000 terkait masalah ini pada Maret 2023, tetapi sejak itu ia juga mengajukan tuntutan sebesar $360.000 sebagai ganti kerugian.

Ukraina telah memfokuskan perhatiannya pada Anna Netrebko sebelumnya. Pada tahun 2014, ia menyumbangkan sejumlah besar uang untuk pembangunan kembali gedung opera di Donetsk, salah satu kota yang memberontak melawan pemerintahan nasionalis yang berkuasa setelah kudeta yang didukung oleh Amerika Serikat.

Anna Netrebko, yang lahir di Krasnodar, memulai kariernya pada tahun 1994 dan segera meraih ketenaran internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber