Wajib DIcoba! Ini Kuliner Populer di Sumsel Yang Menawarkan Rasa Lezat dan Bikin Nagih.

Wajib DIcoba! Ini Kuliner Populer di Sumsel Yang Menawarkan Rasa Lezat dan Bikin Nagih.

Wajib DIcoba! Ini Kuliner Populer di Sumsel Yang Menawarkan Rasa Lezat dan Bikin Nagih.--instagram.com/@nyaknyo

BACA JUGA:WhatsApp Kini Ada Fitur Baru Saluran Siaran Pesan Satu Arah, Mirip Banget dengan Instagram

Yang membuat hidangan ini jadi segar tak lain, kuah kental dari mie celor yang memberikan sensai gurih udang dan santan, yang sebelumnya dicampur bumbu cabai dan aneka bawang-bawangan. 


Wajib DIcoba! Ini Kuliner Populer di Sumsel Yang Menawarkan Rasa Lezat dan Bikin Nagih.--instagram.com/@ikigaikitchen.ce (mie  celor)

4. Lempok durian

Lempok durian merupakan olahan yang mirip dodol. Namun, lempok murni dari durian yang dimasak dengan gula pasir di api sedang sampai tanak dan mengumpal.

Lalu dicetak. Bedanya dengan dodol durian, lempok sama sekali tidak menggunakan tambahan ketan dan santan. Jadi murni semua terbuat dari daging durian asli dengan gula pasir.

BACA JUGA:3 Cara Menyajikan Telur yang Disukai Anak, Lezat dan Sederhana

5. Kue Delapan Jam

Kue ini unik karena nama "delapan jam" merujuk pada waktu yang diperlukan untuk memanggangnya. Menggunakan bahan telor ayam sebanyak 40 butir dicampur gula 500 gram lalu dikocok dan dicampur margarin 250 gram serta susu kenal manis 1 kaleng.


Wajib DIcoba! Ini Kuliner Populer di Sumsel Yang Menawarkan Rasa Lezat dan Bikin Nagih.--instagram.com/@kuepudingenak

Semua adonan diaduk dan disaring untuk kemudian dikukus selama 8 jam. Uniknya, kue ini tidak akan matang sempurna yang ditandai dengan warna cokla merata. Jika kurang dari 8 jam, warnya akan bercampur kuning dan coklat. Artinya kue ini tidak dikukus selama 8 jam.

6. Masakan Ikan Salai

Di Sumsel, ikan salai adalah ikan yang difermentasi dengan pengasapan.

BACA JUGA:10 Sate Nusantara yang Menggoda Selera

Ikan yang suah bersih di panggang di atas bara kecil, biasanya antara ikan dan bara berjarak sekitar 1 meter, sehingga ikan hanya kena asap saja. Namun ikan yang seharian diasapi dengan bara kecil akan kering dan berwarna kecoklatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber