Tahun 2024 Genap 100 tahun Kebangkitan Islam, Apakah Benar Akan munculnya Mujaddid?

Tahun 2024 Genap 100 tahun Kebangkitan Islam, Apakah Benar Akan munculnya Mujaddid?

Tahun 2024, Genap 100 tahun Kebangkitan Islam--Gambar : pixabay - pompi,raikom,gurkanarslan,

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada tahun 2024 yang akan datang, genap seratus tahun telah berlalu sejak jatuhnya masa kejayaan Islam, dan pertanyaan muncul: apakah akan muncul seorang Mujaddid?

Rasulullah SAW telah menyebutkan bahwa setiap seratus tahun atau satu abad sekali, akan muncul seorang Mujaddid untuk memperbaharui ajaran Islam.

Dikutip melalui kanal youtube sobat beriman. Menjelaskan, Beberapa kalangan berpendapat bahwa masa Kekhalifahan Utsmaniyah pada tahun 1924, ditandai sebagai akhir dari masa kejayaan Islam.

Dengan perhitungan matematis, jika dihitung 100 tahun dari tahun 1924 akan tepat pada tahun 2024. Inilah yang memicu spekulasi tentang kemungkinan munculnya seorang Mujaddid pada tahun tersebut.

BACA JUGA:Do’a kan keselamatan Muslim Palestina dengan Qunut Nazilah Ini

Mujaddid adalah istilah dalam Islam yang mengacu pada individu yang dianggap sebagai pembaharu dalam agama Islam. 

Dalam hadis riwayat  Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut :

“Sesungguhnya  Allah SWT mengutus kepada umat islam, setiap seratus tahun, ada seseorang yang memperbarui untuk mereka ajaran agama mereka”. (HR Abu Daud)

Oleh karena itu, penting untuk dicatat bahwa seorang Mujaddid adalah seseorang yang dianggap sebagai tokoh yang memperbaharui atau memperbaiki pemahaman dan praktik agama Islam. 

BACA JUGA:Cara Menyusun dan Merapatkan Shaf dalam Shalat Jamaah

Tidak hanya itu , seorang mujaddid yang dijanjikan dalam hadits bisa saja tidak hanya seorang pribadi dan bisa juga berupa sebuah kelompok. Atau bahkan, ada kemungkinan mujaddid yang dimaksud hidup secara terpencar-pencar bukan dalam satu kelompok yang menyatu.

Berkenaan dengan hadits di atas dikutip dari dalam buku "Ensiklopedia Islam" karangan Hafidz Muftisany, seorang ahli fikih dan tafsir klasik Abu Sahl as Sa'laki pernah menyebutkan bahwa, Allah SWT akan mengutus tokoh-tokoh atau Mujaddid yang akan mengembalikan Islam ke kemurnian ajarannya dan mengatasi berbagai penyimpangan. 

Merujuk kembali hadis Nabi Muhammad SAW. yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Allah akan mengutus mujaddid di awal setiap abad untuk memperbaharui agama Islam.

Pengakuan seseorang sebagai Mujaddid tergantung pada perspektif individu atau kelompok tertentu. Oleh karena itu, tidak ada jadwal pasti atau waktu kapan seorang Mujaddid akan muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sc kanal youtube sobat beriman