7 Kuliner Khas dalam Tradisi Pernikahan Solo yang Wajib Ada dan Tak Boleh Terlewatkan

7 Kuliner Khas dalam Tradisi Pernikahan Solo yang  Wajib Ada dan Tak Boleh Terlewatkan

7 Kuliner Khas dalam Tradisi Pernikahan Solo yang Wajib Ada dan Tak Boleh Terlewatkan--instagram.com/@sriwungsari.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pada tradisi pernikahan di Solo, terdapat beberapa kuliner khas yang ditawarkan akan memanjakan para tamu yang tak boleh terlewatkan 

Kota Solo, sebagai destinasi pernikahan yang eksotis, juga menawarkan sejumlah kuliner khas yang bisa menjadi kenangan para tamu, terutama bagi yang belum pernah menghadiri acara pernikahan di kota ini. Paling tidak ada 7 kuliner khas yang wajib ada dalam pernikahan adat Solo.

1. Gurihnya Selat Solo

Dalam pernikahan adat Solo, Selat Solo adalah kuliner khas pembuka yang tak boleh terlewatkan.

BACA JUGA:Ponsel Pintar! Samsung Galaxy S24 Menampilkan Layar LTPO dan M13 dengan Kecerahan Puncak 2.500 nits

Meskipun terdengar seperti Salad barat, Selat Solo memiliki sentuhan lokal yang membuatnya unik. Terbuat dari beragam sayuran segar, saus kental, dan daging bistik, Selat Solo adalah perpaduan yang menawan.

Rasanya telah disesuaikan dengan selera masyarakat setempat, dan menjadi cara yang tepat untuk memulai pesta pernikahan.

2. Tengkleng, Kuliner Kaya Rempah

Pernikahan tak akan lengkap tanpa kuliner khas berkuah kaya rempah. Tengkleng, kuliner khas Solo ini menjadi pilihan yang tepat.

BACA JUGA:3 Makanan Tradisional Jawa yang Terbuat dari Ubi Kayu Ini Masih Bertahan dan Banyak Diburu

Terbuat dari olahan daging dan jeroan kambing yang dimasak dalam kuah bening, Tengkleng memiliki cita rasa yang begitu khas. Meskipun kuahnya bening, rasa kaldunya tetap terasa nampol dan ringan di lidah.

3. Nasi Liwet Solo yang Khas

Nasi Liwet Solo adalah kuliner khas utama yang tak boleh dilewatkan. Konon, hidangan ini menjadi favorit keluarga Presiden Jokowi. Nasi Liwet Solo disajikan dengan campuran santan yang kaya rasa.

Hidangan ini paling nikmat saat disantap bersama opor ayam, sambal goreng jipang, dan gumpalan santan (areh). Pasti akan membuat tamu-tamu Anda merasa puas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beautynesia.id