Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Penghangat Tubuh dan Peningkat Imunitas

Jumat 11-10-2024,19:33 WIB
Reporter : Leny Marlina
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Wedang Uwuh adalah minuman rempah-rempah yang sangat populer, terutama di wilayah Solo dan Yogyakarta.

Minuman hangat ini dikenal sebagai salah satu minuman tradisional yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, terutama dalam meningkatkan imunitas.

Wedang Uwuh sendiri sudah ada sejak masa kolonial Belanda dan hingga kini tetap disukai banyak orang, khususnya ketika musim hujan tiba.

Secara harfiah, istilah "Wedang Uwuh" berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu "wedang" yang berarti minuman panas, dan "uwuh" yang berarti sampah.

BACA JUGA:Wedang Alang-alang: Minuman Hangat Penjaga Stamina

BACA JUGA:Wedang Uwuh Pilihan Cerdas Hangatkan Tubuh Saat Musim Hujan


wedang ini memiliki rasa yang lezat dan manfaat kesehatan --Foto : Instagram-khoirul_badriyanita_dewi

Nama ini terinspirasi dari tampilan wedang uwuh yang terlihat seperti tumpukan sampah karena berisi berbagai jenis rempah-rempah yang mengambang di dalam minuman.

Meskipun tampilannya sederhana dan tidak begitu menarik, wedang ini memiliki rasa yang lezat dan manfaat kesehatan yang sangat besar.

Bahan Utama Wedang Uwuh Wedang Uwuh dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang terkenal dengan khasiatnya, seperti kayu secang, jahe, daun kayu manis, daun pala, dan cengkih.

Setiap bahan memiliki manfaat tersendiri. Kayu secang memberikan warna merah alami dan juga bertindak sebagai antioksidan yang kuat.

BACA JUGA:Warung Wedangan Rempah di Palembang Ini Sediakan Minuman Sehat Kekayaan Rempah Indonesia, Apa Saja Menunya?

BACA JUGA:Wedang Jahe: Minuman Tradisional yang Menyegarkan dan Berkhasiat

Jahe dikenal sebagai bahan yang membantu menghangatkan tubuh dan meredakan berbagai gejala penyakit, seperti flu dan sakit perut.

Sedangkan daun kayu manis dan daun pala berperan dalam memberikan aroma harum sekaligus membantu menstabilkan tekanan darah.

Kategori :