Siloam Hospital Group Ajak 70 Dokter di Palembang Bahas Bahaya Gagal Ginjal dan Parkinson

Sabtu 10-08-2024,15:03 WIB
Reporter : Mulyadi
Editor : Abidin Riwanto


Siloam Hospital Group selenggarakan Simposium Medis dengan topik Exploring Insight in Nephrology and Neurology.-Foto/Mulyadi-PALTV

Melalui kegiatan ini, Siloam Hospitals Group bersama IDI dan kolegium Nefrologi serta Neurologi setempat mewujudkan sharing ilmu terkait terapi transplantasi ginjal dan Parkinson dengan prosedur Deep Brain Stimulation yang berkembang pesat. 

Tujuan acara ini sejalan dengan visi misi Kemenkes, yaitu menurunkan angka kematian dan meningkatkan kualitas hidup penderita gagal ginjal dan Parkinson (penyakit saraf degeneratif), terutama dengan gaya hidup modern yang menjadi pemicu berkembangnya penyakit-penyakit tersebut.

Tema "Kidney Transplantation in the Management of Chronic Kidney Disease" diusung oleh narasumber Profesor ahli penyakit ginjal di Siloam Hospitals ASRI, Prof. Dr. dr. Endang Susalit SpPD-KGH, FINASIM, didampingi dr. Asdi Predi SpPD, FINASIM dari Siloam Hospitals Palembang. 

Kemudian pada acara kedua mengusung Tema "Role of Neurologist in Deep Brain Stimulation for Parkinson’s Disease" dengan narasumber Dr. dr. Rocksy Fransisca Situmeang SpN di Siloam Hospitals Lippo Village.

BACA JUGA:SPH B unggul 4-1 melawan SMP Negeri 48 di Junior Basket Championship PALTV

BACA JUGA:Peringati Hari Pengayoman ke-79, Kemenkumham Sumsel Sumbangkan Sembako dan Pakaian ke Panti Asuhan

Didampingi dr. Theresia Christine SpS(K) dari Siloam Hospitals Palembang, yang menjelaskan tentang “Update Management of Parkinson” serta prosedur dan tatalaksana penyakit Parkinson.

Adapun bertambahnya pasien dengan indikasi penyakit gagal ginjal yang membutuhkan hemodialisis atau yang dikenal secara awam sebagai cuci darah memang belakangan ini marak terjadi, tidak hanya pada usia tua tetapi juga pada usia muda bahkan anak-anak. Hal ini disebabkan oleh pengaruh minuman, makanan, serta pola hidup yang semakin tidak sehat. 

Seleksi untuk transplantasi ginjal sangat ketat, melibatkan tim advokasi dan serangkaian pemeriksaan untuk mencapai donor ginjal yang sesuai dan diterima dengan baik oleh tubuh penerima, umumnya berasal dari keluarga dan orang-orang terdekat terlebih dahulu. 

Sedangkan pada penyakit Parkinson, yang hingga saat ini penyebab pastinya masih belum diketahui, dapat ditanggulangi secara maksimal dengan prosedur Deep Brain Stimulation (DBS). 

Pada penanganan tumor otak di Siloam Hospitals Group, dapat ditanggulangi dengan prosedur menggunakan Gamma Knife yang tersedia di Siloam Lippo Village Karawaci.

BACA JUGA:Peringati Hari Pengayoman ke-79, Kemenkumham Sumsel Sumbangkan Sembako dan Pakaian ke Panti Asuhan

BACA JUGA:100 Peserta Siap Rebut Piala Bergilir Walikota Palembang, Diajang Basket PALTV 3x3 seri 2

Prosedur ini dikenal sebagai salah satu prosedur yang paling tidak menakutkan karena tidak memerlukan sayatan sama sekali dan meminimalkan pendarahan.

Prosedur-prosedur tersebut dapat dimulai oleh tim dokter Siloam Hospitals Palembang yang kemudian terhubung dengan Siloam Hospitals Group lainnya, dan perawatan akan dikembalikan ke unit Siloam yang merujuk di kota asal. 

Kategori :