Tips Hemat dan Sehat, Penyimpanan Makanan Kemasan Tanpa Lemari Es untuk Anak-Anak di Asrama Sekolah

Minggu 12-05-2024,17:12 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Ternyata ada rahasia menyimpan berbagai bahan tersebut tanpa kulkas dan bisa tahan lama. Untuk tahu dan tempe kamu bisa menyimpannya tanpa kulkas dengan merebus, menggoreng, atau mengukus bahan tersebut saat baru membelinya.

Lalu, kamu bisa menyimpannya di wadah kering dengan melakukan beberapa tips di atas. Sehingga, bahan tersebut bisa tahan hingga kurang lebih satu minggu. Namun, kamu perlu memastikan makanan tersebut kering saat menyimpannya ke wadah ya!

2. Menggantung atau Mengasap Daging

Selanjutnya, untuk daging memang cukup sulit menyimpannya tanpa kulkas. Namun ada cara yang bisa kamu coba, yaitu dengan menggantung daging di tempat yang sejak dan dingin, atau mengasap daging untuk mengawetkannya. 

Jika mengasap, pastikan daging benar-benar matang dan kering sebelum disimpan. Juga, kamu bisa memasak daging hingga matang, lalu menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk.

3. Metode Pengeringan Bahan

Metode pengeringan adalah salah satu cara terbaik untuk mengawetkan makanan. Makanan seperti daging dan tempe bisa diiris tipis-tipis dan dijemur di bawah sinar matahari hingga kering. Pastikan tempat penjemuran bersih dan terhindar dari hewan atau serangga.

Namun perlu diingat, metode-metode ini mungkin tidak dapat menjaga kualitas makanan seperti ketika disimpan di kulkas. Selalu periksa makanan sebelum mengonsumsinya untuk memastikan makanan tersebut masih baik dan aman untuk dikonsumsi.(*)

Kategori :