Tips Hemat dan Sehat, Penyimpanan Makanan Kemasan Tanpa Lemari Es untuk Anak-Anak di Asrama Sekolah

Minggu 12-05-2024,17:12 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Gula dan garam adalah pengawet alami yang bisa membantu memperpanjang umur bahan makanan. Misalnya, kamu bisa merendam jahe atau lemon dalam gula atau garam untuk menjaga agar tetap segar dan tahan lama.

Daftar Stok Makanan Anak Kos Tanpa Kulkas yang Tahan Lama

Barang Murah Pengganti Kulkas Anak Kost Bagi anak kost, memiliki kulkas seringkali menjadi hal yang mewah. Namun, ada beberapa barang murah yang bisa dijadikan alternatif pengganti kulkas. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Cooler Bag Tahan Panas

Cooler box, cooler bag, atau styrofoam box bisa digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman dan menjaganya tetap dingin. Kamu bisa menambahkan es batu atau gel es untuk menjaga suhu di dalam box tetap dingin.

BACA JUGA:Gilas Jakarta Garuda Jaya, Jakarta STIN BIN Diambang Juara Putaran Pertama

2. Termos

Termos berguna untuk menyimpan minuman dan makanan dan menjaganya tetap dingin atau panas, tergantung kebutuhan. Botol atau toples dengan bahan dari termos adalah pilihan yang bagus untuk menyimpan susu, jus, atau makanan panas.

3. Toples Plastik atau Kaca

Toples bermanfaat untuk menyimpan makanan kering seperti biskuit, kacang, atau makanan olahan lainnya. Pilih toples yang memiliki penutup yang rapat untuk mencegah masuknya udara dan hama.

4. Rak Pelindung Makanan Anti Debu dan Serangga

Stok makanan anak kos tanpa kulkas, rak kering bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan seperti bawang, kentang, atau cabai. Penempatannya harus di area yang kering dan sejuk untuk menjaga kualitas bahan makanan.

Cara Mengawetkan Makanan Tanpa Kulkas

Kita semua paham bahwa tidak semua bahan makanan bisa disimpan di luar atau ruangan terbuka tanpa perlu masuk ke dalam kulkas. Sepeti sayuran, tahu, tempe, daging, sayuran, dan lainnya. 

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengawetkan stok makanan anak kos tanpa kulkas agar tidak membusuk.

1. Merebus, Menggoreng, atau Mengukus Bahan 

Kategori :