Video: Menikmati Pindang Tulang Khas Palembang yang Memanjakan Lidah

Video: Menikmati Pindang Tulang Khas Palembang yang Memanjakan Lidah

Pindang tulang, masakan khas Palembang.-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sebagai kota tertua di Indonesia, Palembang memiliki beragam kuliner khas. Satu di antaranya adalah pindang tulang. Sensasi nikmat gurih di lidah para penikmat pindang tulang khas Palembang ini, dibuat dari rempah-rempah dan tulang sapi terutama iga pilihan. Jadi, tak heran jika varian masakan pindang yang satu ini memiliki banyak penggemarnya.

Saking banyak penggemarnya, pembuat pindang tulang di Kedai Ummu Sarah di Jalan Ahmad Yani Kota Palembang, Desi Hidayati menyampaikan satu porsi pindang tulang yang dibandrol Rp30 ribu dapat terjual hingga lima puluh porsi dalam satu harinya.

Diterangkan Desi, untuk membuat pindang tulang tidak terlalu sulit. Langkah pertama membuat pindang tulang adalah tulang iga sapi premium direbus bersama garam dan air secukupnya selama tiga puluh menit. Sembari menunggu, bumbu pindang pun disiapkan seperti menghaluskan cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit dengan menggunakan blender.

Selanjutnya masukkan bumbu rempah yang sudah siap ke dalam rebusan tulang iga sapi yang sudah lunak. Langkah berikutnya masukkan serai yang sudah digeprek, lengkuas, daun salam, irisan nanas, air asam jawa, garam, gula, kaldu sapi, kecap manis, dan kecap asin. Setelah aroma nikmat tercium, pindang tulang pun siap disajikan.

BACA JUGA:Jadi Anak Kosan? Resep Menu Sahur Paling Praktis dan Ramah di Kantong

BACA JUGA:Lezat Tidak Harus Mahal, Berikut Olahan Tempe Lezat dan Nikmat


Satu porsi pindang tulang khas Palembang seharga Rp30 ribu, sudah termasuk nasi, sambal dan sayur lalap.-Sandy Pratama-PALTV


Desi Hidayati menjelaskan masakan pindang tulang khas Palembang buatannya.-Sandy Pratama-PALTV

“Kita jualnya Rp30 ribu, itu sudah termasuk nasi, sambal dan lalapan. Biasanya sehari laku tiga puluh sampai lima puluh porsi. Kita sejauh ini penjualannya masih sistem PO (pre order),” ungkap Desi.

Sementara itu penikmat pindang tulang khas Palembang, Marlia Ilyas menyampaikan bahwa ia merasa puas dengan cita rasa dan kenikmatan dari masakan pindang tulang khas Palembang.

“Sedang makan pindang tulang khas Palembang. Rasanya maknyus, dagingnya lembut lalu bumbu-bumbunya terasa sekali. Kuahnya sedap, asamnya ada, manisnya ada, pedasnya ada. Tidak mahal sih, Rp30 ribu per porsi,” ungkap Marlia puas.

Nah, jika Anda malas keluar rumah untuk menikmati pindang tulang, tak ada salahnya untuk mencoba membuat pindang tulang sendiri di rumah. Selamat mencoba.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv