Keindahan Curup Maung, Air Terjun Memukau di Sumatera Selatan

Keindahan Curup Maung, Air Terjun Memukau di Sumatera Selatan

Keindahan Curup Maung, Air Terjun Memukau di Sumatera Selatan--indonesiatraveler.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Lahat adalah salah satu kabupaten yang terletak di kawasan Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Lahat ini tentunya menyimpan bermacam-macam potensi wisata baik wisata alam maupun buatan yang menakjubkan. 

Salah satu objek wisata dengan pesona menakjubkan yang memanjakan mata ketika kita memandangnya adalah Air Terjun Maung yang lebih dikenal dengan nama Curup Maung.

Air Terjun Curup Maung ini terletak di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Jarak yang ditempuh ketika para wisatawan ingin mengunjungi Curup Maung ini tidak terlalu jauh ketika diukur dari Kota Lahat.

 Adapun jarak yang dapat ditempuh sekitar 25 kilometer dari pusat kota Lahat atau 220 kilometer dari pusat Kota Palembang. Air terjun ini merupakan pilihan untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan.

Pesona yang terdapat pada Curup Maung ini terlihat dari pemandangan yang masih sangat hijau dan alami. Keindahan dan keasrian dari pemandangan yang dimiliki Curup Maung ini menjadi alasan para wisatawan untuk datang dan mengunjungi tempat ini.

BACA JUGA:Resmi Rilis Tahun 2023, Game Mortal Kombat 12 Siap Hibur Para Pecinta Game

BACA JUGA:Apa Itu Kejawen? Memahami Arti, Penjelasan dan Tradisinya

 Air terjun Curup Maung ini mempunyai  ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar yang hampir sama dengan tingginya. Sepanjang 80 meter tersebut aliran dari Air Terjun Curup Maung yang terbagi-bagi oleh rerumputan yang hijau dan dinding jurang  inilah yang membuatnya terlihat sangatlah indah dan memukau bagi setiap mata yang memandangnya.

 Air Terjun Curup Maung ini tentu saja berbeda dari air terjun kebanyakan. Di Air Terjun Curup Maung ini para wisatawan dapat duduk bersantai di batu-batu besar yang ada di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan hijau pepohonan yang ada di sekitar air terjun yang sangat mempesona.

Selain itu, para wisatawan tentunya juga dapat melihat pemandangan indah lainnya dari penampakan dua air terjun dari sebelah kanan Air Terjun Maung. Bagian bawah Air Terjun Curup Maung ini sering dijadikan sebagian tempat berendang, berendam maupun mandi bagi para wisatawan yang berkunjung. 

Tempat pemandian yang berada di kawasan Air Terjun Curup Maung ini sangat luas. Air yang mengalir ke Sungai Lematang terlihat sangatlah jernih dan menyegarkan tubuh. 

Tarif yang akan dikenakan bagi para wisatawan ketika berkunjung ke wisata yang satu ini cukup murah meriah, para wisatawan cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 untuk parkir. Sementara ketika masuk dan mengunjungi wilayah Air Terjun Curup Maung, para wisatawan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Perjalanan yang harus dilakukan oleh para wisatawan supaya sampai ke Curup Maung ini cukup menantang. Lokasi objek wisata alam Curup Maung ini bisa dicapai menggunakan sepeda motor maupun mobil selama 45 menit perjalanan sampai 70 menit perjalanan apabila ditempuh dari pusat kota. 

Ketika para wisatawan Sampai di Desa Padang Muaro Duo, Kecamatan Gumay Ulu, para wisatawan harus memarkir kendaraan yang para wisatawan bawa ke parkiran yang sudah disediakan oleh warga setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ksmtour.com