BMKG Prakirakan Sumsel Barat dan Utara Miliki Potensi Hujan

BMKG Prakirakan Sumsel Barat dan Utara Miliki Potensi Hujan

BMKG Prakirakan Sumsel Barat dan Utara Miliki Potensi Hujan -Foto/Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kondisi ISPU kota Palembang terus berfluktuasi di level sangat tidak sehat hingga berbahaya akibat asap kiriman dari sejumlah Kabupaten Kota yang mengalami Karhutla.

Terkait hal tersebut, turunnya hujan menjadi salah satu solusi yang dinanti banyak pihak untuk membantu pemadaman.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi SMB 2 memprakirakan jika dalam beberapa hari kedepan hujan berpotensi terjadi di Sumsel dari pantauan citra satelit.

Ditemui pada Sabtu 7 Oktober 2023, Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Shinta Andayani mengatakan diprakirakan dalam waktu tiga hari kedepan tepatnya pada tanggal 9 dan 10 Oktober 2023.

Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di bagian barat dan utara Sumsel, seperti di Musirawas, Musirawas Utara, Banyuasin, dan Musi Banyuasin yang berbatasan dengan Jambi.

BACA JUGA:Serangan Israel Paksa Sekitar 20.000 Warga Gaza Tinggalkan Rumah, UNOCHA Laporkan Jurnalis Palestina Terbunuh

BACA JUGA:Kaum Galbay Wajib Tahu, Kenali Daftar DC Pinjol Legal yang Menjaga Privasi Data Anda

Meski begitu, peningkatan intesnitas hujan sendiri baru akan terjadi secara bertahap di Sumsel pada dasarian ketiga atau di atas tanggal 20 bulan Oktober, dimana sudah mulai memasuki awal musim hujan 2023-2024. 

“Sekitar tanggal 9-10, ada sedikit peningkatan potensi hujan ringan, terutama di wilayah barat dan utara Sumsel. Seperti di Musirawas, Musirawas Utara, Banyuasin, dan Musi Banyuasin yang berbatasan dengan Jambi.” Ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Shinta Andayani.


Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang, Shinta Andayani.-Foto/Sandy Pratama-PALTV

Ditambahkan Shinta Andayani, musim penghujan sendiri akan mulai terjadi dari Sumsel bagian barat seperti Musirawas, Musirawas Utara, Lubuk linggau, atau wilayah yang berbatasan dengan Bukit Barisan.

Sementara untuk Sumsel bagian tengah dan timur, akan memasuki periode musim penghujan di November 2023. 

“Untuk awal musim hujan 2023-2024 di Sumsel, akan dimulai dari akhir Oktober 2023, atau tepatnya di dasarian ketiga.

BACA JUGA:Kabar Gembira! Bansos Ibu Hamil Rp750 Ribu Cair, Cek Disini Jadwal dan Tanggal Penyalurannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: