Tradisi Perayaan Maulid Nabi di Indonesia, Penuh Sejarah juga Keberkahan bagi Masyarakat

Tradisi Perayaan Maulid Nabi di Indonesia, Penuh Sejarah juga Keberkahan bagi Masyarakat

Di Aceh, tradisi memasak Kuah Beulangong merupakan salah satu bentuk perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang khas.--instagram.com/@ramlanmhum

Tradisi Ampyang adalah perayaan Maulid Nabi yang unik dan khas yang dirayakan oleh warga Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Tradisi ini memiliki akar sejarah yang kuat, yang diyakini sudah ada sejak akhir abad ke-15 pada masa Tjie Wie Gwan, seorang pendakwah Islam keturunan Tiongkok yang juga ikut berperan dalam pembangunan Masjid At Taqwa Loram Kulon.

Tradisi Ampyang mendapatkan namanya dari jenis kerupuk yang digunakan dalam perayaan ini. Ampyang adalah jenis kerupuk yang terbuat dari tepung dan berbentuk bulat dengan berbagai warna yang beraneka macam.

Dalam tradisi ini, warga setempat akan menyiapkan gunungan makanan yang dihias dengan Ampyang.

BACA JUGA:Perancis Umumkan Darurat Nasional Dalam Perang Melawan Kutu Busuk Jelang Olimpiade Paris 2024


Kaligrafi Nabi Muhammad SAW.-Mohammad Sheyriyar Shah-pixabay.com/Shah_Graphics99

Gunungan tersebut kemudian dibagikan kepada warga, dan makanan yang umum dijumpai adalah nasi kepal yang dibungkus daun jati.

Tradisi Ampyang adalah salah satu contoh bagaimana perayaan Maulid Nabi di Indonesia tidak hanya mengandung nilai-nilai keagamaan, tetapi juga merayakan beragam aspek budaya dan sejarah setiap daerah.

Dalam berbagai tradisi perayaan Maulid Nabi di Indonesia, ada satu kesamaan yang mencolok: semangat berbagi, kebersamaan, dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Meskipun tradisinya berbeda-beda, semua tradisi ini menggambarkan rasa syukur dan kebahagiaan atas kelahiran Nabi yang dianggap sebagai rahmat bagi seluruh umat manusia.

BACA JUGA:Guncangan Gempa Bumi M 5,4 Sukabumi Jawa Barat Terasa hingga Jakarta dan Bogor!

Tradisi-tradisi ini juga menjadi bukti bagaimana budaya dan agama bisa bersatu dalam suatu perayaan yang penuh makna dan berkah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber