Ini Dia Olahraga yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Ini Dia Olahraga yang Dapat Menurunkan Gula Darah

Latihan yoga.-StockSnap-pixabay.com/StockSnap

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Olahraga adalah aktivitas yang efektif untuk dilakukan oleh para penderita diabetes, karena dapat membantu mengontrol dan menurunkan gula darah. Risiko gula darah tinggi sering dikaitkan dengan diabetes dan prediabetes.

Untuk diketahui, tubuh biasanya mengelola kadar gula darah dengan memproduksi insulin, hormon yang memungkinkan sel-sel untuk menggunakan gula yang menyebar dalam darah.

Aktivitas fisik yang dilakukan seperti olahraga mampu menurunkan gula darah sewaktu dan memiliki efek positif pada sensitivitas insulin selama sekitar 24 jam sesudahnya. Sehingga, berolahraga 30 menit setelah makan dapat menurunkan glukosa yang meningkat setelah mengonsumsi makanan. Berikut beberapa jenis olahraga untuk penderita diabetes agar menurunkan gula darah.

Jalan Cepat

BACA JUGA:PB Perpani Perjuangkan Panahan Barebow agar Dilombakan pada PON 2024

BACA JUGA:Perempuan Hebat dalam Sejarah Ilmu Pengetahuan Dunia

Nah, yang pertama adalah aktivitas olahraga jalan cepat. Aktivitas ini mampu menurunkan kadar gula darah. Sederhana saja, hanya tinggal berjalan secara teratur dalam kecepatan yang stabil. Saat aktivitas ini dilakukan, aliran darah akan menjadi lebih lancar di dalam tubuh.

Yoga

Untuk yang kedua, saran olahraga yang mampu menurunkan gula darah adalah olahraga jenis yoga. Hal ini karena dengan aktivitas olahraga ini, kamu yang melakukannya dapat meningkatkan massa otot kamu dan mengurangi tekanan psikis akibat stres.

Bersepeda

BACA JUGA:Wow! Tradisi Unik yang Ada di Indonesia

BACA JUGA:Hujan Lebat dan Cuaca Ekstrim Berpotensi Landa Beberapa Wilayah di Sumsel

Untuk yang ketiga, saran olahraga yang harus kamu lakukan adalah bersepeda. Dengan mengayuh sepeda dapat menurunkan kadar gula darah, karena kamu yang melakukan akan membakar kalori dalam tubuh kamu dengan cepat, sehingga berat badan akan terjaga. Saaat melakukan aktivitas ini, kandungan gula dalam tubuh ikut terbakar dan berubah menjadi energi.

Angkat Beban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber