Gempa Bumi Guncang Sukabumi dengan Kekuatan 5,4 Magnitudo

Gempa Bumi Guncang Sukabumi dengan Kekuatan 5,4 Magnitudo

Gempa Bumi Guncang Sukabumi dengan Kekuatan 5,4 Magnitudo--Foto/Bmkg. go. Id.

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Pada tanggal 1 Oktober 2023, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan informasi mengenai gempa bumi yang terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Gempa ini memiliki kekuatan sebesar 5,4 magnitudo dan terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Titik pusat gempa berada pada koordinat 7.26 LS - 106.60 BT dengan kedalaman 88 kilometer.

Guncangan akibat gempa ini dirasakan dengan berbagai tingkat kekuatan di sejumlah daerah sekitar Sukabumi.

Misalnya, Kabupaten Sukabumi mengalami guncangan pada tingkat IV MMI, sedangkan di Cisolok dan Kota Sukabumi terasa pada tingkat MMI IV. Daerah lain seperti Sawarna, Pelabuhan Ratu, Soreang, Cipanas, dan Cianjur merasakan guncangan pada tingkat MMI III.

BACA JUGA:Situasional !! Dampak Buruk Asap Pemkot Palembang Akan Ubah Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Daring

Beberapa wilayah lain, seperti Cibadak dan Bandung, juga mengalami guncangan pada tingkat MMI II-III, sedangkan di Bogor, Lebak, Tasikmalaya, dan Pandeglang, guncangan dirasakan pada tingkat MMI II.

Meskipun guncangan gempa ini cukup terasa, hingga saat ini belum ada laporan tentang kerusakan serius atau korban jiwa akibat peristiwa ini.

BMKG terus memantau situasi dan memberikan informasi terbaru kepada masyarakat. Semua warga di daerah yang terdampak diimbau untuk tetap tenang dan siap mengikuti petunjuk dari pihak berwenang dalam hal evakuasi jika diperlukan.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: