Kim Jong-un Berkirim Surat ke Xi Jinping usai Pertemuan dengan Putin

Kim Jong-un Berkirim Surat ke Xi Jinping usai Pertemuan dengan Putin

Pertemuan Pimpinan Tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping di tahun 2018 lalu.--instagram.com/@cgtn

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Usai melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Pimpinan Tertinggi Republik Rakyat Demokratik Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim surat ke Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping.

Surat yang dikirim oleh Kim Jong-un berisikan bahwa Korut ingin meningkatkan kerja sama dengan China.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping juga mengirimkan surat kepada Kim Jong-un saat ulang tahun berdirinya Republik Rakyat Demokratik Korea Utara.

Dalam suratnya, Xi Jinping menyatakan kesediaan untuk memperkuat komunikasi strategis dan kerja sama dengan Korut.

BACA JUGA:Menggunakan Kereta Khusus, Kim Jong Un Berangkat Temui Putin di Rusia, Eh Amerika Serikat Ketar Ketir

BACA JUGA:Pulang ke Korut, Kim Jong Un Dapat Hadiah Khusus dari Presiden Rusia Vladimir Putin

Seperti diketahui bahwa selama ini hubungan Korut dan China begitu mesra. Bahkan Pada Juni 2021 lalu, Kim Jong-un dan Xi Jinping pernah melakukan pertemuan, guna memperkuat hubungan kedua negara sewaktu peringatan 60 tahun perjanjian pertahanan kedua negara.

China sendiri merupakan negara sekutu utama Korut. Bahkan selama ini, China memainkan peran utama dalam menekan Korut, untuk membongkar program nuklirnya.

Presiden China Xi Jinping juga pernah menyampaikan bahwa hubungan China dan Korut merupakan "peran penting dan positif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional."

Dekatnya dua pimpinan negara ini karena persahabatan Pyongyang dan Beijing sejak lama, di mana Korea Utara menjadi salah satu negara pertama yang mengakui Republik Rakyat China setelah didirikan pada tahun 1949.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber