Shin Tae-Yong Cetak Sejarah Hattrick Piala Asia, Loloskan 3 Kelompok Generasi Timnas Indonesia

Shin Tae-Yong Cetak Sejarah Hattrick Piala Asia, Loloskan 3 Kelompok Generasi Timnas Indonesia

Shin Tae Yong Cetak Sejarah Hattrick Piala Asia, Loloskan 3 Kelompok Generasi Timnas Indonesia--instagram.com/@shintaeyong7777

PALEMBANG,PALTV.CO.ID - Shin Tae-yong, seorang pelatih berbakat asal Korea Selatan, berhasil mencatatkan prestasi gemilang dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Pelatih Timnas ini  membawa tiga kelompok generasi Timnas Indonesia ke Piala Asia. 

Kemenangan dramatis Timnas Indonesia U-23 atas Turkmenistan dengan skor 2-0 dalam pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada tanggal 12 September 2023, menjadi puncak dari pencapaian luar biasa ini.

Ivar Jenner mencetak gol pembuka pada menit ke-40, memberikan keunggulan bagi Timnas Indonesia U-23.

BACA JUGA:Harga Beras Naik, Bulog Sumsel Babel Gelontorkan Puluhan Ribu Ton Beras SPHP dan Bantuan Pangan Beras Presiden

Pratama Arhan menyusul dengan gol kedua pada menit ke-83, mengamanka kemenangan yang mendongkrak Timnas Indonesia U-23 ke puncak klasemen Grup K dengan total 6 poin.

Kemenangan ini tak hanya berarti lolos ke fase utama Piala Asia U-23, tetapi juga menjadi debut mereka di ajang tersebut.

Keberhasilan ini bukanlah yang pertama bagi Shin Tae-yong. Sebelumnya, dia juga telah sukses membawa dua kelompok Timnas Indonesia, yaitu U-20 dan senior, meraih tiket ke turnamen Piala Asia melalui jalur kualifikasi.

Perjalanan Timnas Indonesia U-20 menuju Piala Asia U-20 dimulai dari babak kualifikasi. Mereka berkompetisi di Grup F bersama dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

BACA JUGA:Kronologi Warga Padas Banyuasin Terkena Peluru Nyasar, Dugaan Bermula Anggota Polda Sumsel Lepaskan Tembakan

Sebagai tuan rumah Grup F, Timnas Indonesia berhasil menjadi juara grup dengan kemenangan melawan Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Prestasi ini membawa mereka ke Piala Asia U-20 2023 yang digelar pada bulan Maret. Di sana, Indonesia berkompetisi di Grup A bersama dengan tuan rumah Uzbekistan, Suriah, dan Irak.

Meskipun Timnas Indonesia berhasil mengumpulkan empat poin, mereka tidak berhasil melangkah ke fase selanjutnya karena selisih gol yang kalah dari Irak.

Sementara itu, Timnas senior Indonesia melalui perjalanan yang tidak kalah sulit untuk mencapai Piala Asia 2023. Mereka harus melewati babak play-off dengan mengalahkan Taiwan dengan skor mencolok 5-1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber