Sebelum salah langkah ! kenali perbedaan antara Investasi dan Trading dalam dunia finansial

Sebelum salah langkah ! kenali perbedaan antara Investasi dan Trading dalam dunia finansial

Sebelum salah langkah ! kenali perbedaan antara Investasi dan Trading dalam dunia finansial--pixabay.com

BACA JUGA:Wow! Data OJK 2023 Menyebutkan Warga Sumsel Hutang Pinjol Capai Rp 1 Triliun Lebih.

Pada trading, Anda harus memiliki strategi pengelolaan risiko yang ketat, termasuk penggunaan stop-loss order untuk melindungi posisi Anda dari kerugian besar. Trader juga sering menggunakan leverage, yang bisa memperbesar keuntungan, tetapi juga meningkatkan risiko.

Dari segi Holding Period investasi biasanya panjang. Investor bersiap untuk memegang aset mereka selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun. Tujuan utama adalah pertumbuhan jangka panjang. 

Sedangkan Holding period dalam trading bisa sangat singkat, bahkan intra hari.

Trader mencari peluang untuk memanfaatkan pergerakan harga jangka pendek, dan mereka mungkin membeli dan menjual aset dalam hitungan jam, hari, atau minggu.

BACA JUGA:Ingin Produk Atau Bisnis Cepat Terkenal! Ini Strategi Promosi Bisnis Baru dengan Efektif

Dari sisi Analisis dan Strategi, Analisis fundamental adalah metode yang umum digunakan dalam investasi, dengan fokus pada analisis laporan keuangan dan prospek jangka panjang perusahaan atau aset.

Investor juga sering menggunakan analisis ekonomi dan pasar makro untuk membuat keputusan investasi.

Sedangkan Trading, Analisis teknikal adalah alat utama dalam trading. Trader menggunakan grafik harga, indikator teknis, dan pola harga untuk mengidentifikasi peluang perdagangan.

Mereka lebih peduli dengan pergerakan harga jangka pendek dan sentimen pasar saat ini. Dalam sisi Pengambilan Keuntungan.

BACA JUGA:Coba Sekarang! Inilah Cara Mudah Top Up DANA tanpa Biaya Admin Gratis

Investor umumnya cenderung memegang aset mereka untuk jangka waktu yang lebih lama dan mengambil keuntungan ketika mereka melihat pertumbuhan yang signifikan atau saat mereka mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Sedangkan Trader cenderung lebih aktif dalam mengambil keuntungan. Mereka bisa mengambil keuntungan setelah pergerakan harga yang relatif kecil, karena tujuan utama mereka adalah menghasilkan keuntungan jangka pendek.

Dalam sisi Mentalitas, Investor memiliki mentalitas jangka panjang. Mereka mungkin tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi harga jangka pendek dan fokus pada pertumbuhan jangka panjang.

Sedangkan Trading, Trader harus lebih waspada dan memiliki mentalitas yang lebih cepat tanggap terhadap perubahan harga pasar. Mereka sering harus mengambil keputusan cepat dan siap menerima risiko yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber