Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Air Terjun Tangga Manik, Tempat Angker Ramai Pengunjung

Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Air Terjun Tangga Manik, Tempat Angker Ramai Pengunjung

Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Air Terjun Tangga Manik, Tempat Angker Ramai Pengunjung.--instagram/@lahatterkini

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Air Terjun Tangga Manik terletak di tepi Sungai Lematang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, telah menjadi tujuan rekreasi populer yang baru.

Selama musim liburan, pesona Air Terjun Tangga Manik yang indah mampu menarik hingga 800 pengunjung, sementara pada hari biasa, sekitar 500 orang berkunjung ke tempat ini.

Menariknya, air terjun tangga manik tidak seperti air terjun konvensional yang terletak di lereng gunung, melainkan merupakan kreasi manusia.

Pemuda Karang Taruna di daerah ini bekerja sama untuk mengubah bendungan Sungai Lematang menjadi sebuah air terjun dengan membentuk serangkaian tangga berlapis empat.

BACA JUGA:Terdampak Kekeringan, Asrama SMA Negeri 3 Unggulan Kayugung Kekurangan Pasokan Air Bersih

BACA JUGA:Buron 9 Bulan, DPO Bobol Rumah Ditangkap Saat Kerja Jadi Kuli Bangunan

Air dari Sungai Lematang yang berarus deras dialirkan ke tangga-tangga tersebut, menciptakan tampilan yang menyerupai air terjun alami.

Dahulu, lokasi ini dikenal sebagai tempat angker yang menakutkan, dan hampir tak ada wisatawan yang berani mendekatinya.

Selain terkenal angker, tempat ini juga diyakini memiliki kekuatan magis yang kuat, sehingga warga setempat enggan mendekatinya.

Febri Hardiansyah, Ketua Pengelola Air Terjun Tangga Manik, menjelaskan bahwa bendungan Sungai Lematang awalnya dibangun pada masa penjajahan Belanda.

BACA JUGA:Tim Gabungan Klaim Mampu Padamkan Karhutla di Kawasan Sepucuk Kabupaten Ogan Komering Ilir

Namun, selama bertahun-tahun, lokasi ini dihindari karena dianggap memiliki aura mistik yang menakutkan. 

Namun, pada bulan Oktober 2017, Karang Taruna desa memutuskan untuk mengubahnya menjadi tempat rekreasi air terjun untuk menarik pengunjung. Upaya ini sukses besar, dan banyak pengunjung datang menikmati keindahan tempat ini.

Sejak dibuka sebagai tempat wisata, cerita seram tentang air terjun tangga ini mulai memudar. Ini juga berkat upaya sosialisasi yang aktif dari Karang Taruna mengenai pesona Air Terjun Tangga Manik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber