Peristiwa Pembajakan Pesawat Paling Terkenal di Dunia

Peristiwa Pembajakan Pesawat Paling Terkenal di Dunia

Ilustrasi pembajakan pesawat terbang.-Artsanova-pixabay.com/Artsanova

PALEMBANG PALTV.CO.ID - Kehadiran maskapai penerbangan dalam dunia transportasi memberikan sejarah baru bagi dunia. Salah satunya ialah kasus pembajakan pesawat. Beberapa kasus penerbangan pernah dibajak demi kepentingan politik. Dibutuhkan keberanian yang cukup besar untuk mengambil alih pesawat yang terbang ribuan kaki di udara. Berikut ini tiga peristiwa pembajakan pesawat paling terkenal di dunia.

1. Pembajakan Pertama

Pada tanggal 16 Juni 1948, pembajakan pesawat komersil pertama terjadi pada Cathay Pacific Airways. Beberapa pembajak direkrut untuk membajak pesawat yang berisi 27 penumpang, termasuk pebisnis kaya dari Cina dan menyandera mereka demi sejumlah tebusan.

Namun, pembajakan tersebut tidak berjalan sesuai rencana. Baku tembak yang terjadi mengakibatkan tumbangnya beberapa orang, termasuk sang pilot pesawat dan menyebabkan pesawat tersebut jatuh. Setelah kejadian tersebut, para pembajak kemudian ditangkap oleh Polisi Makau.

BACA JUGA:Kamu Punya Angka Sial? Berikut Beberapa Angka Pembawa Sial dari Berbagai Negara

BACA JUGA:Kamu Pecinta Kopi? Mari Melihat Karakter Seseorang Berdasarkan Minuman Kopi Favorit

2. Pembajakan DB Cooper

Pada tanggal 24 November 1971, seorang pria bernama DB Cooper membajak pesawat Northwest Orient dengan nomor penerbangan 305, Boeing 727-100. DB Cooper melakukan aksi tersebut belum lama setelah pemberangkatannya. Cooper mengancam akan meledakkan bom yang ia simpan di tasnya apabila tuntutan $200 ribu tidak dipenuhi. Tuntutan tersebut kemudian dipenuhi oleh FBI.

Setelah sejumlah tebusan terpenuhi, DB Cooper kemudian meminta pesawat terbang kembali menuju ke Mexico City. Namun di tengah penerbangan, DB Cooper lompat dari pesawat menggunakan parasut di suatu tempat antara Seattle dan Reno.

Sejak saat itu, berbagai investigasi dilakukan pemerintah selama bertahun-tahun. FBI hanya menemukan sebuah tas yang berisi $20 yang cocok dengan uang yang diberikan kepada DB Cooper. Sampai saat ini peristiwa tersebut masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

BACA JUGA:Selebgram Rachel Vennya Jual Koleksi Barang Mewahnya, Tertarik Membeli?

BACA JUGA:Keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat di Kabupaten Lahat

3. Pembajakan Norwegia

Pada bulan Juni 1985, mantan narapidana berusia 24 tahun yang sedang mabuk menaiki pesawat dalam penerbangan dari Trondheim menuju ke Oslo, kemudian mengancam para penumpang pesawat dengan pistol. Ia menuntut untuk berbicara dengan Perdana Menteri dan Menteri Kehakiman Norwegia mengenai perawatannya di penjara. Hingga pesawat tersebut mendarat di Oslo, ia kemudian memutuskan untuk menyerahkan diri setelah kehabisan minuman keras. Meski sangat menegangkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.* (Muhammad Ikhsanudin, PALTV.CO.ID)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: idntimes.com