Budaya Populer dan Identitas Kekinian: Perbedaan Otaku dan Wibu dari Istilah Jejepangan

Budaya Populer dan Identitas Kekinian: Perbedaan Otaku dan Wibu dari Istilah Jejepangan

Muncul istilah-istilah untuk sebutan orang yang menyukai budaya (populer) Jepang seperti Otaku dan Wibu.-meijii-pexels.com/@meijiiiiii

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Budaya Jepang sepertinya telah berkelana dan melekat di berbagai penjuru dunia. Mulai dari budaya, film dan gamenya yang terkenal.

Tidak mengherankan kalau budaya Jepang banyak disukai bahkan diikuti oleh berbagai macam daerah. Kemudian muncul istilah-istilah untuk sebutan orang yang menyukai budaya (populer) Jepang. Dimulai dari seperti Otaku sampai ke Wibu yang familiar kita dengar di sekitar bagi penyuka Jejepangan.

Lahirnya para penggemar berat dari hal Jejepangan ini membuat suatu kumpulan bahkan komunitas. Komunitas-komunitas Jejepangan tersebut banyak disukai dan digemari terutama anak remaja.

Tidak hanya suka bahkan sampai mengoleksi barang-barang sampai cosplay di mal atau tempat umum lainnya dengan menggelar panggung.

BACA JUGA:Revolusi Teknologi: Dampak Kecerdasan Buatan pada Masa Depan

Sebenarnya apasih itu Otaku? 

Istilah Otaku itu diperuntukkan bagi orang yang fanatik pada anime Jepang. Jadi jika kalian menonton sebuah anime atau membaca suatu komik atau manga dan tanpa sengaja menyukainya dan menjadikannya suatu hobi, maka di saat itulah kalian dapat disebut juga dengan Otaku.

Apasih itu Wibu?

Istilah Wibu adalah singkatan dari weeaboo berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini digunakan dalam budaya internet dan populer di kalangan penggemar budaya Jepang di luar Jepang.

BACA JUGA:Rahasia Gelap Mi Instan Terungkap, Hati-hati! Bahaya dan Efek Sampingnya yang Mengerikan!

Sebuah Wibu merujuk pada seseorang yang sangat terobsesi dan menggemari segala hal yang berhubungan dengan Jepang. Terutama anime, manga, musik J-Pop, dan elemen-elemen budaya populer Jepang lainnya.

Penting untuk diingat bahwa istilah ini digunakan dengan maksud yang berbeda-beda oleh orang lain. Beberapa mungkin merasa terhina jika disebut dengan Wibu oleh orang lain.

Apa saja sih Ciri-ciri Wibu?

Minat yang lebih besar ke anime dan manga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber