Kenali Lapisan Penting Masker : Lindungi Diri Dari Polusi dan Debu Akibat Kebakaran Lahan

Kenali Lapisan Penting Masker : Lindungi Diri Dari Polusi dan Debu Akibat Kebakaran Lahan

Kenali lapisan penting pada masker. Masker dirancang khusus untuk melindungi alat pernafasan dari polusi dan debu, --instagram.com/@afifah

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Saat ini terjadi polusi yang cukup tinggi di kota-kota besar. Selain di Jakarta yang kena polusi kendaraan, kota Palembang terkena polusi berupa asap kebakaran lahan yang berasal dari daerah sekitarnya, seperti Ogan Ilir dan Banyuasin.

Dengan kondisi debu dan polusi ini, perlukah penggunaan masker seperti yang diwajibkan saat pandemi Covid lalu?. Apakah memakai masker benar-benar bisa melindungi kita dari penyakit. 

Mari kita lihat ulasan, apa saja perlindungan yang dapat diberikan oleh sebuah masker yang dipakai untuk melindungi alat pernafasan dari polusi dan debu. Tidak ada salahnya kita waspada terhadap polusi yang disebabkan kemarau panjang saat ini.

Selain debu, dipastikan polusi kendaraan juga tambah parah, mengingat tidak ada hujan yang turun sehingga semua kondisi jalan berdebu dan asap kendaraan beterbangan di sekitar kita.

BACA JUGA:Kucing sebagai Sahabat Emosional: Bagaimana Memelihara Kucing Membantu Kesehatan Mental Anda

Perlu dipahami bahwa, menggunakan masker jelas melindungi kita dari masuknya kuman penyakit. Baik berupa bakteri maupun virus.

Terlebih dengan level udara yang cukup memprihatinkan. Penggunaan masker memberikan perlindungan karena, masker memiliki lapisan yang dirancang khusus.

Lapisan masker mulut yang dirancang untuk melindungi dari debu dan partikel kecil umumnya terdiri dari beberapa material yang bekerja bersama-sama untuk menyaring udara. Berikut ini adalah beberapa komponen yang mungkin ada dalam lapisan masker tersebut:

Material Spunbond (Tingkat Keberlanjutan): Ini adalah lapisan luar masker yang biasanya terbuat dari serat sintetis yang diatur dengan pola tertentu. Ini membantu memblokir partikel besar dan debu kasar.

BACA JUGA:Yuk, Simak 5 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Anggota Tubuh

Filter Meltblown: Lapisan ini merupakan komponen utama dalam masker N95 dan masker bedah. Ini terbuat dari serat yang sangat halus dan diproses dengan panas (melting) untuk membentuk struktur serat yang kompleks. Filter meltblown sangat efektif dalam menangkap partikel-partikel kecil, termasuk debu, bakteri, dan virus.

Lapisan Aktivasi Karbon (Opsional): Beberapa masker mungkin memiliki lapisan karbon aktif untuk menghilangkan bau dan gas beracun dari udara.

Lapisan Dalam (Biasanya Lembut dan Tidak Menyebabkan Alergi): Lapisan ini berkontak langsung dengan wajah pengguna. Ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan mencegah iritasi pada kulit.

Karet Pengikat atau Tali Pengikat: Bagian ini membantu masker menempel dengan erat pada wajah, sehingga udara yang masuk atau keluar harus melewati lapisan filtrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber