Tidak Banyak Yang Tahu, Ini Sejarah Lomba Balap Karung dalam Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia

Tidak Banyak Yang Tahu, Ini Sejarah Lomba Balap Karung dalam Perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia

Lomba Balap karung memiliki sejarah panjang, dalam mengisi kemeriahan Agustusan--instagram.com/@r25th-masyulie-lightfotografi

PALEMBANG,PALTV.CO.ID,- Ada satu lomba khas yang hanya ada pada saat peringatan 17 Agustus,  yakni lomba makan kerupuk dan lomba balap karung. Kedua lomba ini sudah ada sejak zaman kemerdekaan tahun 1945 an. Kita akan bahas mengenai sejarah lomba balap karung yang sampai saat ini terus berkembang model dan aturannya.

Lomba balap karung ini biasanya digelar di pemukiman diikuti oleh orang dewasa maupun anak-anak. balap karung  menjadi salah satu tradisi yang menyenangkan dan menggelitik selama puluhan tahun.

Lomba balap karung sebagai permainan tradisional khas 17 Agustus, merupakan lomba adu cepat dengan menggunakan karung.

Setiap peserta harus melompat menggunakan karung mulai dari garis start menuju ujung lintasan dan kembali lagi ke garis semula. Kali ini kita akan membahas sejarah lomba balap karung dalam perayaan HUT kemerdekaan Indonesia.

BACA JUGA:Kisah Dibalik Sukses Paskibraka! Lilly Indiani Pembawa Baki Bendera Merah Putih Sepatunya Copot Sebelah

Peringatan 17 Agustus sendiri dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Bangsa Indonesia serentak merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia  penuh semangat dan kebanggaan. Khusus mengenai balap karung, akan dibahas sejarah permainan yang menarik ini: 

Asal Usul Lomba Balap Karung:

Lomba balap karung, yang juga dikenal sebagai "sack race" dalam bahasa Inggris, memiliki akar sejarah yang cukup panjang dan menarik.


Lomba Balap karung memiliki sejarah panjang, dalam mengisi kemeriahan Agustusan--instagram-r25th-masyulie-lightfotografi

Asal usulnya dapat ditelusuri hingga abad ke-19, ketika tradisi ini pertama kali muncul di berbagai belahan dunia sebagai bagian dari permainan rakyat dan perayaan lokal. Lomba balap karung biasanya diadakan dalam rangka merayakan panen, pernikahan, atau peristiwa penting lainnya.

BACA JUGA:Cara Sederhana Menghilangkan Karang Gigi di Rumah Bikin Senyuman Makin Memukau!

 Di Indonesia, tradisi lomba balap karung menjadi semakin populer dan diintegrasikan ke dalam perayaan Hari Kemerdekaan sejak masa penjajahan Belanda.

ada masa itu, bangsa Indonesia merasa perlunya menjaga semangat nasionalisme dan persatuan, meskipun berada dalam tekanan penjajahan. Lomba balap karung menjadi salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan secara simbolis dan menjalin solidaritas di antara masyarakat.

Makna Simbolis Lomba Balap Karung :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber