Mama Muda Wajib Tahu : Inilah Daftar 10 Makanan Yang Pantang Diberikan untuk Bayi.

Mama Muda Wajib Tahu : Inilah Daftar 10 Makanan Yang Pantang Diberikan  untuk Bayi.

Mama muda harus paham makanan yang pantang diberikan kepada bayi--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,-  Ibu Muda atau mama muda yang memiliki bayi harus tahu jenis makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh diberikan kepada bayi. Karena, perut dan sistim pencernaan bayi belum sempurna seperti orang dewasa.

Karena itu penting memahami makanan yang pantang dikonsumsi oleh bayi. Bai disini yakni anak kecil dibawah 1 tahun.  Memberikan makanan yang tepat dan sehat kepada bayi adalah langkah penting dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangannya.

Kadang ibu muda yang baru memiliki anak tidak mengerti pantangan atau bahayanya memberikan makanan sembarangan buat bayi.

Terlebih yang minim informasi dan pengetahuan. Mmeskipun makanan tersebut memiliki nilai gizi dan nutrisi tinggi, namun belum tentu cocok untuk bayi. Bahkan, makanan tersebut justeru menyebabkan penyakit yang berbahaya bagi bayi.

BACA JUGA:Perubahan Preferensi: Mengapa Wanita Modern Lebih Suka Artis Korea daripada Artis India

Beberapa makanan sebaiknya dihindari untuk bayi, mengingat sistem pencernaan mereka yang masih sensitif. Berikut adalah daftar 10 makanan pantangan untuk bayi yang sebaiknya dihindari dalam diet mereka:

Madu: Madu bisa mengandung bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan pada bayi yang belum memiliki sistem kekebalan yang kuat. Selain itu kandungan gas pada mau juga berbahaya bagi perut bayi.

Garam: Bayi belum memerlukan tambahan garam dalam makanannya. Konsumsi garam  dapat memengaruhi keseimbangan elektrolit dan tekanan darah mereka. Untukitu, biasanya makanan bayi agak hambar dan tidak diberi rasa.

Gula tambahan: Makanan atau minuman manis yang mengandung gula tambahan sebaiknya dihindari. Gula berlebihan dapat menyebabkan risiko obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Perubahan Preferensi: Mengapa Wanita Modern Lebih Suka Artis Korea daripada Artis India

Susu sapi murni sebelum usia 1 tahun: Bayi sebaiknya tidak diberikan susu sapi murni sebelum usia 1 tahun, karena belum dapat mencerna protein dan laktosa dalam jumlah besar.

Telur mentah atau setengah matang: Telur mentah atau setengah matang berisiko tinggi terkontaminasi bakteri salmonella yang berbahaya.

Kacang-kacangan utuh: Kacang-kacangan utuh dapat menjadi penyebab tersedak pada bayi. Lebih baik memberikan kacang dalam bentuk yang lebih halus atau dalam bentuk lain seperti pasta kacang.

Ikan berpotensi tinggi merkuri: Ikan seperti hiu, marlin, dan tenggiri memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yang dapat berdampak buruk pada sistem saraf bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber