Mencegah Ketombe Yang Mengganggu Aktifitas dan Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Mencegah Ketombe Yang Mengganggu Aktifitas dan Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Hindari ketombe yang mengganggu dengan cara menjaga kesehatan kulit kepala--Istockphoto.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Ketombe merupakan masalah umum pada kulit kepala yang bisa membuat rambut terlihat kusam dan tidak sehat. Meskipun tidak berbahaya secara medis, Ketombe dapat mengganggu kepercayaan diri dan kenyamanan.

Kadang ketombe menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Semakin digaruk ketombe makin gatal. Tidak jarang orang yang berketombe, kembali mandi hannya untuk mencuci kulit kepala yang gatal. Sebenarnya ketombe ini dapat dihindari dengan cara mencegahnyanya lebih awal.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah ketombe dan menjaga kesehatan kulit kepala. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam usaha tersebut.

1.Membersihkan Rambut dengan Tepat

BACA JUGA:Ternyata Daun Ini Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan. Wah, Kamu Harus Tau Nih!

Membersihkan rambut adalah langkah awal untuk mencegah ketombe. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut Anda.

Hindari sampo yang mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit kepala. Shampo anti-ketombe dengan kandungan seperti pyrithione zinc, ketoconazole, atau selenium sulfide bisa membantu mengendalikan pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

2.Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Meskipun penting untuk menjaga kebersihan rambut, mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala yang melindungi dari ketombe. Cuci rambut Anda secara teratur, tetapi tidak lebih dari 3-4 kali seminggu.

BACA JUGA:Update Zodiak Hari Ini Selasa 15 Agustus 2023: Virgo Ada Jarak, Cancer Bingung Memilih

3.Gunakan Air Hangat

Bilas rambut dengan air hangat saat mencuci rambut. Air panas dapat membuat kulit kepala kering, yang dapat memicu produksi minyak berlebih dan menyebabkan ketombe.

4.Hindari Menggaruk Kulit Kepala

Menggaruk kulit kepala dapat merusak lapisan pelindung kulit kepala dan memperburuk masalah ketombe. Jika terasa gatal, hindari menggaruk dan gunakan sampo khusus untuk meredakan rasa gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber