Mencegah Ketombe Yang Mengganggu Aktifitas dan Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Mencegah Ketombe Yang Mengganggu Aktifitas dan Tips Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Hindari ketombe yang mengganggu dengan cara menjaga kesehatan kulit kepala--Istockphoto.com

BACA JUGA:Mau kuliah, Kenali Tantangan Dihadapi Masa Kuliah, DIsini Buat Kamu Dewasa Berpikir

5.Hindari Stres Berlebihan

Stres dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan memicu produksi minyak berlebih, yang berkontribusi pada ketombe. Lakukan aktivitas relaksasi seperti yoga, meditasi, atau berjalan-jalan untuk mengurangi stres.

6.Perhatikan Gaya Hidup dan Pola Makan

Pola makan yang seimbang dengan asupan nutrisi yang cukup, terutama vitamin B, zinc, dan lemak sehat, dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi tersebut seperti ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan biji-bijian.

BACA JUGA:Seberapa Penting Support System Saat Menempuh Masa Kuliah ? Ini Jawabannya

7.Gunakan Pelembap Kulit Kepala

Pilihlah pelembap kulit kepala yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pelembap ini dapat membantu menjaga kelembapan kulit kepala dan mengurangi risiko ketombe akibat kulit yang kering.

8.Hindari Produk Rambut Berbasis Minyak

Produk rambut berbasis minyak seperti gel atau pomade dapat menyebabkan penumpukan minyak di kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Jika Anda menggunakan produk semacam itu, pastikan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dengan teliti setelah digunakan.

BACA JUGA:Mau kuliah, Kenali Tantangan Dihadapi Masa Kuliah, DIsini Buat Kamu Dewasa Berpikir

9.Pilih Bahan Bantal yang Sesuai

Bahan bantal dari satin atau sutra dapat membantu mengurangi gesekan yang dapat memicu iritasi kulit kepala. Bahan-bahan ini juga membantu menjaga kelembapan alami rambut Anda.

10.Jaga Kebersihan Sikat dan Sisir

Pastikan sikat dan sisir yang Anda gunakan bersih. Kotoran dan minyak yang menumpuk pada sikat dan sisir dapat memindahkan jamur penyebab ketombe ke kulit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber