Jajan Makanan Terkontaminasi Kuman! Perhatikan Efek Bahaya Jangka Panjang

Jajan Makanan Terkontaminasi Kuman! Perhatikan Efek Bahaya Jangka Panjang

Makanan yang terkontaminasi kuman kadang efeknya tidak langsung. Namun jangka panjang penyakitnya bisa muncul-Hanida Syafrina-foto pribadi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Banyak pedagang makanan di pinggir jalan tidak memperhatikan kebersihan dagangannya. Mulai dari kebersihan tempat masak, kebersihan wadah makanan, atau kebersihan tangan ketika membuat makanan tersebut.

Bahkan beberapa pedagang membiarkan dagangannya terkena debu jalanan. Namun, tidak semua orang akan langsung sakit ketika mengkonsumsi makanan tak bersih tadi.

Mungkin saja kamu memiliki perut yang kebal akan kuman. Kalau terbiasa makan makanan sembarangan dan tidak terjadi apa-apa dalam tubuh kita. Selamat! Daya tahan tubuh Kamu hebat. Tetapi itu terjadi hanya dalam jangka pendek.

Untuk jangka panjang, konsumsi makanan yang terkontaminasi sangat berbahaya bagi kesehatan. Sebab, daya tahan tubuh manusia tidak selamanya stabil dan bisa bertahan dari serangan kuman.

 BACA JUGA:Membangun Kekayaan Mulai dari Sekarang: Langkah Pertama Menuju Kebebasan Finansial

Banyak kuman bakteri berbahaya yang ada pada makanan yang tidak hygenis. Salmonella adalah salah satu jenis kuman yang dapat menyebabkan sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

Bakteri ini biasanya terkait dengan konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Infeksi salmonella dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, diare, demam, dan sakit perut.

Namun, ada banyak jenis mikroorganisme lainnya yang juga bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan dan menyebabkan sakit perut. Contoh lainnya meliputi Escherichia coli (E. coli).

Penting untuk diingat bahwa gejala sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi bakteri, virus, makanan yang tidak tepat, intoleransi makanan, atau masalah pencernaan lainnya.

BACA JUGA:Tren Inovatif Dalam Dunia Teknologi: Menuju Masa Depan yang Lebih Cerdas dan Terhubung

Sebenarya efek dari mengkonsumsi jajanan tak bersih berbeda beda dari setiap orang. Ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Termasuk kondisi kesehatan individu, sistem kekebalan tubuh, sensitivitas terhadap infeksi, dan jenis mikroorganisme yang ada dalam makanan tersebut. 

Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi bagaimana jajanan tak bersih mempengaruhi kesehatan tubuh manusia.

Kondisi Kesehatan Individu: Orang yang memiliki kondisi kesehatan yang lemah atau sedang sakit mungkin lebih rentan terhadap infeksi yang disebabkan oleh makanan yang tidak higienis. Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat membuat mereka sulit melawan infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber