Bahaya Asap Bakar Sampah, Ancaman Terhadap Kesehatan dan Lingkungan yang Memerlukan Tindakan Serius

Bahaya Asap Bakar Sampah, Ancaman Terhadap Kesehatan dan Lingkungan yang Memerlukan Tindakan Serius

Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah tidak hanya berkontribusi pada masalah kualitas udara, tetapi juga mempengaruhi kesehatan masyarakat secara keseluruhan.-Juan Reyes-pixabay.com/jrlopezjrs

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Penggunaan pembakaran sampah sebagai cara pengelolaan limbah di beberapa daerah, telah menimbulkan keprihatinan besar karena dampak negatifnya terhadap kesehatan manusia dan lingkungan.

Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah tidak hanya berkontribusi pada masalah kualitas udara, tetapi juga mempengaruhi kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Berikut adalah tiga bahaya utama yang diakibatkan oleh Asap pembakaran sampah:

1. ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut)

Salah satu bahaya paling mencolok dari asap bakar sampah adalah peningkatan risiko ISPA. Partikel-partikel beracun dan zat kimia yang terdapat dalam asap dapat merusak sistem pernapasan manusia.

BACA JUGA:Atur Pola Pikir Agar Tetap Sehat Menggunakan Metode Ini

BACA JUGA:Penyayang Oyen dan Sedulurnya Sebaiknya Tahu Virus Kucing Berbahaya

Menghirup asap secara terus-menerus dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan meningkatkan kemungkinan terjadinya infeksi pada paru-paru.

Anak-anak, lansia, dan orang-orang dengan masalah pernapasan kronis berisiko lebih tinggi terkena ISPA karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah.

2. Polusi Udara

Asap dari pembakaran sampah mengandung berbagai partikel halus dan senyawa beracun, seperti karbon monoksida, PM2.5, PM10, dioksin, dan furan.

BACA JUGA:Pindang Ikan Patin, Kelezatan Kuliner Tradisional Sumatera Selatan yang Menggoyang Lidah

BACA JUGA:Masalah dan Bahaya Tidur Mendengkur yang Sebaiknya Para Pendengkur Tahu


Asap bakar sampah dapat meningkatkan risiko ISPA.-Rudy and Peter Skitterians-pixabay.com/Skitterphoto

Polusi udara akibat asap bakar sampah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernapasan, alergi, dan iritasi pada mata dan tenggorokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber