Tips Aman dan Nyaman Berkendaraan Sepeda Motor

Tips Aman dan Nyaman Berkendaraan Sepeda Motor

Ilustrasi berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman.-fabricciodias-pixabay.com/fabricciodias

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dahulu ketika negara Indonesia masih terdiri dari banyak kerajaan, tentunya masyarakat di zaman itu masih menggunakan kuda, keledai bahkan sapi sebagai sarana transportasi.

Namun seiringnya waktu berjalan, semua sarana tersebut berubah menjadi kendaraan yang simpel. Seperti adanya sepeda kayuh (ontel), sepeda motor dan mobil. Dunia telah mengalami kemajuan dan perkembangan yang pesat dalam dunia industri transportasi.

Seperti halnya di negara Indonesia, kini masyarakat pribumi sangatlah terbantu dengan kehadiran kendaraan roda dua sepeda motor. Kendaraan yang dinilai ekonomis, praktis dan mudah untuk digunakan.

Bila dahulu masyarakat pribumi berpergian kesuatu tempat memakan waktu berjam-jam, kini dengan adanya kendaraan sepeda motor, perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA:Intip Pantai Tanjung Pesona, Menawarkan Pesona Pantai yang Eksotis nan Menawan

BACA JUGA:TikTok Susah FYP, Coba Cara Ini

Sepeda motor dinilai termasuk kendaraan cepat. Walau terjebak dalam kondisi macet dalam perjalanan, sepeda motor tetap melaju dengan cara menyalip kendaraan-kendaraan lain dan akhirnya sampai ke tujuan.

Jenis sepeda motor roda dua ini telah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas keseharian mereka. Sepeda motor banyak digunakan oleh para bapak-bapak, ibu-ibu, remaja, pelajar, dan mahasiswa.

Di sisi lain, terkadang mereka tidak memperhatikan keselamatan diri. Seperti lalai dalam hal tidak memakai helm, berkendaraan ugal-ugalan, dan lain sebagainya.

Bahkan tak sedikit dari mereka tidak memiliki syarat perlengkapan berkendaraan. Seperti tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), tidak memiliki kaca spion, dan lain-lain. Karena hal inilah yang dapat membahayakan pengguna kendaraan motor lainnya dan dapat mengakibatkan kecelakaan di jalan raya.

BACA JUGA:Intip Keindahan Curug Embun yang Memanjakan Mata

BACA JUGA:Film Legendaris Titanic Kembali Hadir ke Layar Bioskop! Siap untuk Menonton Ulang?

Dalam hal kemampuan mengendarai kendaraan juga sangatlah penting dikuasai. Seperti pengetahuan keamanan, keselamatan, memahami rambu-rambu lalulintas, dan mematuhi aturan hak pejalan kaki, dan sebagainya.

Tapi sayangnya, tidak semua pengendara sepeda motor memperhatikan hal demikian. Bahkan bagi sebagian orang mengabaikanya. Padahal, wajib bagi setiap pengendara memiliki kemampuan dan ilmu pengetahuan tentang keamanan dalam berkendaraan. Tentunya ini bermanfaat untuk keselamatan diri sendiri dan pengendara lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pn-pariaman.go.id