Selain Dapat Mencegah Kanker Payudara, Ini 4 Manfaat Lainnya Buah Nanas Bagi Kesehatan Wanita

Selain Dapat Mencegah Kanker Payudara, Ini 4 Manfaat Lainnya Buah Nanas Bagi Kesehatan Wanita

Buah nanas.-Security-pixabay.com/Security

BACA JUGA:Malas Berolahraga di Luar Rumah? Ini Dia Beberapa Contoh Olahraga Ringan yang Dapat Dilakukan di Rumah

Hal tersebut disebabkan kandungan vitamin C dapat membantu melawan radikal bebas memicu terjadinya kerusakan kulit. Radikal bebas pada umumnya terbentuk saat kulit terpapar sinar ultraviolet dari matahari.

Bukan hanya menjaga kesehatan kulit, buah nanas juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Karena kandungan vitamin C bisa menghambat kinerja melanosit yaitu sel yang memproduksi pigmen warna kulit.

Jadi, buah nanas memiliki khasiat yang dapat membantu mengurangi, bagi wanita yang memiliki noda maupun bintik-bintik hitam di wajah.

2. Melindungi dari osteoporosis

BACA JUGA:‘Love Of My Life’, Gambaran Perasaan Freddie Mercury

Osteoporosis umumnya sering terjadi empat kali lebih banyak pada perempuan dari pada pria. Osteoporisis bisa terjadi saat tulang mengalami pengeroposan secara berkelanjutan, hal ini mengakibatkan tulang akan menjadi lemah, mudah patah, dan rapuh.

Penyakit ini memiliki resiko lebih tinggi pada wanita yang telah memasuki usia lanjut. Menurut penelitian menemukan kandungan vitamin C yang terdapat pada buah nanas dapat bermanfaat untuk menjaga kepadatan masa tulang dan dapat menurunkan resiko osteoporosis pada perempuan.

Bila mengonsumi buah nanas segar harian, yang dibutuhkan wanita dewasa adalah sebanyak 100 gram, akan membantu memenuhi 29 persen kebutuhan vitamin C.

3. Mendukung kesehatan ibu hamil dan janin

BACA JUGA:Cek Fungsi Tugas, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kunjungi Lapas Muara Enim

Salah satu penyebab wanita menghindari makan nanas adalah salah satunya dapat menggugurkan kandungan. Perlu diketahui, mengonsumsi buah nanas saat ibu hamil tidaklah memicu keguguran. Justru sebaliknya, buah nanas memiliki manfaat untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Hal itu disebabkan adanya kandungan tembaga yang terdapat dalam buah nanas, sehingga mineral tersebut penting untuk membantu membentuk sel darah merah dan melancarkan sirkulasi darah. Selama kehamilan diperlukan asupan harian tembaga yang meningkat 0,1 miligram, untuk membantu perkembangan jantung, pembuluh darah, dan kerangka janin.

Tidak hanya di situ saja, nanas juga dapat menjadi sumber berbagai zat gizi untuk ibu hamil. Seperti vitamin B1, vitamin B2, zat besi, vitamin C, kalsium dan zinc.

4. Membantu pemulihan usai persalinan

Manfaat buah nanas lainnya adalah dapat mengurangi nyeri dan mempercepat penyembuhan pada luka episiotomi setelah melahirkan. Episiotomi atau gunting vagina biasanya dibutuhkan dalam proses persalinan pervaginam/normal. Tindakan ini bertujuan untuk memperlebar lubang vagina, sehingga mempermudah persalinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com