Cek Fungsi Tugas, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kunjungi Lapas Muara Enim

Cek Fungsi Tugas, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Kunjungi Lapas Muara Enim

BATIK - Kakanwil Kemenkumham Sumsel mencoba kerajinan batik khas Muara Enim yang merupakan program pelatihan bagi penghuni Lapas Klas II B Muara Enim.-Humas Lapas Klas II B Muara Enim-Humas Lapas Klas II B Muara Enim

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Memastikan fungsi tugas pegawai Lembaga Pemasyarakatan Klas II B MUARA ENIM berjalan baik, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Selatan melakukan kunjungan pada Kamis, 1 Februari 2023.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya memberikan arahan terkait fungsi tugas dari pegawai yang ada di lapas. Kunjungan kerja Kakanwil ini bukan hanya ke Lapas Klas II B Muara Enim saja, tetapi juga ke Lapas Lahat, Lapas Prabumulih serta ke Kantor Imigrasi.

Dalam kunjungannya ke Lapas Klas II B Muara Enim, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya didampingi Kepala Lapas Klas II B Muara Enim Herdianto. Ilham kemudian mengunjungi setiap ruangan dan fasilitas yang ada di lapas tersebut.

Ilham Djaya mengatakan bahwa Lapas Klas II B Muara Enim patut diberi apresiasi atas apa yang mereka kerjakan. Menurutnya, fungsi dan tugas telah dijalankan dengan baik sesuai prosedur. Bahkan Lapas Muara Enim memberikan program dan fasilitas untuk penghuni agar bisa memperbaiki diri selama masa hukuman di dalam lapas. Aksi petugas lapas ini memaksimalkan apa yang mereka bisa dengan bertugas dan memberikan tanggung jawab terhadap penghuni lapas, agar bisa memiliki bekal keterampilan setelah bebas dari masa hukuman.

BACA JUGA:Dicurigai Penculik Anak, Darwanto Hampir Diamuk Warga

BACA JUGA:Para Suami atau Istri Harus Waspada Jika Pasangan Anda Bertingkah Seperti Ini, Jangan-Jangan?

"Ya kita harus memberikan apresiasi bagi petugas Lapas Klas II B Muara Enim atas apa yang mereka perbuat. Dengan petugas yang sedikit mereka bisa menjalankan tugas dan memaksimalkan kondisi yang ada," ungkap Ilham.

Ilham menambahkan, Lapas Klas II B Muara Enim juga memiliki inovasi yang bagus dengan menerapkan monitoring system, guna memaksimalkan petugas yang ada dengan tetap mengutamakan keamanan di dalam lapas. Selain itu, sistem keamanan yang menjadi utama di lapas tetap terintegrasi dengan baik, pasokan air bersih yang maksimal dan penegakan disiplin sesuai SOP yang berlaku. Dengan jumlah petugas yang hanya 87 orang bisa memaksimalkan tugas mereka sebagai lembaga pemasyarakatan, sedangkan penghuni lapas ada 1200 lebih bisa dicover dengan baik.

"Baik sekali apa yang diterapkan mulai dari fasilitas dan program untuk penghuni lapas cukup baik. Banyak program untuk membekali penghuni lapas agar saat habis masa hukuman bisa kembali kemasyarakat yang sesungguhnya," ujar Ilham.


KUNJUNGAN - Kakanwil Kemenkumham melakukan kunjungan kerja ke Lapas Klas II B Muara Enim dalam rangka memaksimalkan fungsi tugas pegawai.-Humas Lapas Klas II B Muara Enim-Humas Lapas Klas II B Muara Enim

Menurut Ilham, merupakan kewajiban petugas lapas yang harus berjibaku dengan tugas dan tetap memberikan program terbaik, agar penghuni lapas bisa mendapatkan keterampilan untuk mereka gunakan di dalam masyarakat. Dengan program dan penerapan yang baik akan membuat sesuatu yang berguna secara berkesinambungan dalam mencetak mantan penghuni lapas yang berkualitas baik, dan mampu bersaing dengan masyarakat lainnya, terlebih lagi agar mereka tak berbuat kesalahan yang sama di masa depan.

BACA JUGA:Persiapan Venue Piala Dunia U-20 Harus Selesai Awal Maret

BACA JUGA:Mengenal 'Pantauan', Tradisi Turun-temurun yang Melegenda

"Tugas ini memang berat, tapi ini yang harus dilakukan sebagai pegawai lapas yang siap memberikan sesuatu yang lebih bagi penghuni lapas," pungkas Ilham.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas lapas klas ii b muara enim