Sumsel Terkenal Dengan makanan Pindang!. Ini Kunci Cara Mengolah Aneka Pindang Agar Lezat

Sumsel Terkenal Dengan makanan Pindang!. Ini Kunci Cara Mengolah Aneka Pindang Agar Lezat

Pindang ikan patin menjadi andalan makanan khas Sumatera Selatan. Berupa ikan kuah dengan rasa pedas asam dan manis--instagram.com/@pindang_ikan_patin

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Sumatera Selatan, terkenal dengan makanan Pindang. Sebut saja, Pindang Meranjat, Pindang Komering, Pindang Musirawas, Pindang Kayu Agung, Pindang Palembang dan banyak lagi daerah di Sumsel dengan ciri khas makanan Pindang masing-masing.

Perbedaan dari semua makanan pindang daerah ini, terletak pada cara memasak dan bumbu-bumbu yang dipakai. Namun semua pindang rata-rata menggunakan bahan yang sama yakni ikan air tawar atau menggunakan Tulang iga sapi.

Mengapa tampilan makanan pindang di Sumsel menarik dan enak dimakan?. Berikut asalan mengapa pindang di Sumsel sangat diminati, khususnya masyarakat yang terkait dengan kehidupan Sungai Musi.

Makanan pindang di Sumsel, menggunakan ikan jenis Patin, ikan Gabus, ikan Baung dan iga sapi. Adapun ikan ini didapat dari nelayan perairan sungai Musi, kecuali ikan Patin yang bisa dibudidayakan. Selain Patin, ikan-ikan lainnya belum dapat dibudidayakan sehingga masih sebagai ikan liar yang rasa serta tekstur dagingnya lebih kenyal dan enak.

BACA JUGA:Mengapa Manajemen Kabel Penting? Simak Jawabannya!

BACA JUGA:Cerita Unik di Balik Terciptanya Sepatu Pertama Di Dunia

Untuk membuat Pindang dengan rasa khas dan citarasa segar. Biasanya ada bumbu dasar yang dipakai, yakni cabe merah, bawang merah, bawang putih, air asam jawa, terasi, gula garam dan penyedap. Sebagai penambah cita rasa biasanya ditambah irisan nanas, kemangi.

Meskipun semua bahan sama, tapi ada perbedaan cara memasak. Itulah yang membedakan jenis pindang berdasarkan daerah masing-masing. Bumbu dasar tadi ada yang dihaluskan, ada yang hanya diiris-iris.

Kunci agar pindang yang dimasak tetap memberikan citarasa yang lezat antara lain:

1. Ikan harus segar. Pemilihan ikan segar jadi syarat mutlak untuk pindang yang lezat. Ikan yang sudah disiang atau dibersihkan di rendam dengan air jeruk nipis atau belimbing wuluh. Cuci ikan sampai kesat dan tidak licin.

BACA JUGA:Tersangka Investasi Bodong Pembangunan Sekolah Berhasil Ditangkap Petugas Polsek Pemulutan

BACA JUGA:Tim Basket Putri Popnas Sumsel Akui Keunggulan Tim Basket Putri Popnas DKI Jakarta

2. Takaran Air. Pastikan air untuk merebus ikan tidak terlalu banyak. Sehingga pas dengan jumlah bumbu, usahakan ketika di beri bumbu, warna air tidak terlalu bening.

3. Cara masak makanan pindang ikan. Masak dulu air dengan bumbu sampai mendidih, baru masukan ikan lalu kecilkan apinya. Sampai minyak ikan pindan keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber