Ini Dia! Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Jika Tak Ingin Asam Urat Kambuh

Ini Dia! Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Jika Tak Ingin Asam Urat Kambuh

Ilustrasi sakit asam urat kambuh akibat konsumsi makanan tinggi purin.--freepik.com/@Lifestylememory

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Asam urat, sebuah Kondisi medis yang disebabkan oleh penumpukan kristal Asam urat di dalam tubuh.

Ini terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya secara efisien melalui sistem perkemihan.

Asam urat adalah produk sampingan dari pemecahan zat purin dalam tubuh yang biasanya ditemukan dalam beberapa makanan.

Oleh karena itu, diet yang kaya akan makanan tinggi purin dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan serangan asam urat dan bahkan memperburuk kondisi batu ginjal.

BACA JUGA:Di Semua Cuaca, Tekwan Makanan Khas Palembang Memiliki Cita Rasa yang Khas dan Segar

BACA JUGA:Langkah Awal Penanganan Saat Temperatur Radiator Naik

Makanan yang tinggi purin umumnya berasal dari sumber hewani seperti daging, ikan dan unggas. Sementara beberapa makanan tumbuhan juga mengandung purin, jumlahnya biasanya lebih rendah daripada makanan dari sumber hewani.

Salah satu jenis makanan yang tinggi purin adalah daging merah seperti daging sapi, domba dan babi. Organ dalam hewan seperti hati, ginjal dan otak juga mengandung jumlah purin yang tinggi. Daging olahan seperti sosis, bacon dan ham juga harus dihindari karena kandungan purinnya yang tinggi.

Selain daging, makanan laut juga mengandung purin. Beberapa contoh makanan laut yang tinggi purin adalah kerang, remis, cumi-cumi, ikan sarden, dan ikan teri.

Makanan laut ini harus dihindari atau dikonsumsi dengan sangat dibatasi bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam urat.

BACA JUGA:Hindari kebiasaan Minum Minuman Soda Berlebihan, Ini Dampaknya!

BACA JUGA:Gunung Dempo Erupsi 2 Kali dalam Kurun Waktu Kurang dari 24 Jam


Hindari makanan dan minuman tertentu yang dapat menyebabkan sakit asam urat.--pixabay.com/cnick

Produk susu tinggi lemak juga dapat menyumbang pada peningkatan kadar asam urat. Susu tinggi lemak, keju dan mentega sebaiknya dikonsumsi dengan bijaksana. Namun, produk susu rendah lemak biasanya aman untuk dikonsumsi dan bisa menjadi alternatif yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber