Potensi Manfaat Luar Biasa Batang Pisang Muda sebagai Sayuran dalam Makanan Sehari-hari

Potensi Manfaat Luar Biasa Batang Pisang Muda sebagai Sayuran dalam Makanan Sehari-hari

Pohon Pisang Muda --Gambar Tangkapan Layar : health.grid.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Batang pisang muda yang selama ini sering diabaikan ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan dan kelezatan makanan kita.

Selama ini, pisang mungkin lebih dikenal dengan buahnya yang lezat dan bergizi, tetapi bagian batang pisang muda, yang sering kali dianggap sebagai limbah, sebenarnya memiliki banyak manfaat sebagai sayuran dalam berbagai hidangan.

1. Kandungan Nutrisi Tinggi

Batang pisang muda kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Batang pisang mengandung serat, vitamin C, vitamin B6, magnesium, kalium, dan zat besi.

BACA JUGA:Menciptakan Keajaiban di Balik Layar dengan Pencahayaan Studio

BACA JUGA:Pentingnya Memperhatikan Masa Pakai Sandal Jepit demi Kenyamanan, Kesehatan Kaki dan Keselamatan

Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, vitamin C berperan dalam sistem kekebalan tubuh, vitamin B6 mendukung fungsi saraf, dan mineral seperti magnesium dan kalium penting untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat yang tinggi dalam batang pisang muda membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit dan mempercepat proses pencernaan makanan. Selain itu, serat juga dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan.

3. Mengandung Antioksidan

Batang pisang muda mengandung senyawa antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan menyebabkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

BACA JUGA:Dampak Buruk Gawai pada Anak-anak: Peran Orang Tua dalam Kontrol Penggunaan yang Bijaksana

BACA JUGA:Diduga Sopir Mengantuk, Truk Boks Terguling di Jalintim Sumatera

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber