Memecahkan Teka-teki Cawapres Anies yang Memenuhi Kriteria Nol: Perbedaan Suara dari 3 Partai

Memecahkan Teka-teki Cawapres Anies yang Memenuhi Kriteria Nol: Perbedaan Suara dari 3 Partai

Anies Baswedan selaku bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan.--Instagram/@aniesbaswedan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Anies Baswedan selaku bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan menyampaikan kriteria bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampinginya.

Kriteria tersebut yakni membuat koalisi semakin solid, membantu pemenangan, membantu proses pemerintahan, kemistri, dan memiliki visi misi.

Namun tak hanya itu, ada pula kriteria 0 yang dipersyaratkan Anies Baswedan. Arti dari kriteria 0 ini adalah bacawapres itu tidak memiliki masalah dan berani. Anies mengatakan, jika tidak memiliki kriteria 0, maka cawapres itu rentan terkena masalah.

“Siapa namanya? Ini dia, mudah-mudahan beberapa hari ke depan bisa selesai. Tapi sekarang lagi dibahas. Kalau 5 (kriteria) mudah, tapi kriteria 0 ini yang lagi dicari, yang tidak bermasalah,” kata Anies di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 20 Juli 2023.

BACA JUGA:Respon Tegas AHY atas Sindiran 'Kampungan' dari Luhut Terkait Penjegalan Anies

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Ingatkan Pemilu Hanya Biasa Aja, Tidak Perlu Dibawa ke Hati

Atas hal tersebut, Demokrat dan PKS pun saling mengusulkan nama-nama sosok bacawapres. Berikut ini sosok yang diusulkan kedua partai tersebut.

Deputi Badan Pemenangan Pemilihan Umum Partai Demokrat Kamhar Lakumani menilai Ketua umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memenuhi kriteria tersebut. Kamhar menilai partainya menghormati kriteria 0 tersebut.

Atas kriteria 0 yang disampaikan, AHY disebut cocok dan relevan. Kamhar juga menilai kriteria itu penting agar Koalisi Perubahan untuk Persatuan mampu berlayar karena koalisi itu disebut berbeda dengan kehendak penguasa.

“Mas Ketum AHY sangat memadai dan memenuhi kriteria ini,” kata Kamhar dalam keterangannya, Jumat, 21 Juli 2023.

Kamhar mengatakan, kriteria 0 ini harus dilakukan jika Pemilu 2023 Koalisi Perubahan memperoleh mandat dari rakyat. Anies juga pernah menyampaikan ada substansi di balik agenda perubahan dan perbaikan seperti program yang dikoreksi, diteruskan, dan dihentikan, dan lain sebagainya.

PKS

Di sisi lain, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera setuju dengan kriteria 0 tersebut. Mardani mengatakan Koalisi Perubahan untuk Persatuan ingin pasangan calon yang diajukan mampu menegakkan keadilan dan membawa Indonesia maju.

Mardani menilai AHY dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan alias Aher memenuhi kriteria tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber