Makan Sayur Bayam Kayak Popeye, Emang Manfaatnya Apa?

Makan Sayur Bayam Kayak Popeye, Emang Manfaatnya Apa?

Sayur dan jus bayam.-NatureFriend-pixabay.com/NatureFriend

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Siapa yang suka makan sayur bayam? sayur bayam berwarna hijau yang berasal dari Persia ini merupakan jenis tanaman yang banyak ditanam di Asia. Seiring berjalannya waktu, perkembangan penyebaran bayam sampai pula ke Indonesia.

Hm, mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui manfaat dari sayur bayam. Nah, salah satu manfaat sayur bayam adalah untuk diet. Khususnya untuk kaum perempuan yang ingin melakukan diet, mungkin sayur bayam bisa menjadi pilihan tepat. Kandungan kalori dan kaya akan serat inilah yang menjadikan sayur bayam bisa dijadikan acuan untuk dikonsumsi.

Bukan hanya untuk ibu hamil, sayuran bayam juga dapat dikonsumsi oleh bayi, anak-anak, dan lansia. Terdapat banyak kandungan antikoksidan seperti zeaxanthin dan lutein. sayuran bayam juga memiliki nutrisi di dalamnya seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, zat besi, magnesium, asam folat, kalium, dan kalsium.

Sayur bayam sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh karena beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya. Eh ternyata, sayur bayam ini juga dapat menjaga kesehatan mata juga loh.

BACA JUGA:7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Lah kok bisa? Di dalam sayur bayam terdapat kandungan karotenoid seperti zeaxanthin, lutein, dan beta karopen. Mampu menjaga kesehatan mata. Untuk diketahui, kandungan karotenoid juga dapat menurunkan risiko penyakit, seperti degenerasi makula dan rabun senja.

Setelah ditelusuri lebih dalam, bayam juga kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Jadi sayuran bayam ini sangatlah baik untuk dikonsumsi karena dapat menjaga dan melindungi kesehatan kulit dari dalam, terutama dari paparan radikal bebas.

Sebelumnya, disisi lain penting juga untuk mengetahui cara mencuci dan mengelolahnya. Sayur bayam segar yang telah dipilih sebaiknya dicuci terlebih dahulu, setelah itu disimpan di tempat wadah yang bersih kedap udara, guna menjaga kesegarannya. Bila sayur bayam tersebut belum diolah simpanlah di lemari pendingin.

Namun apabila sayur bayam belum dicuci, ada baiknya bayam tersebut dimasukan ke dalam plastik dan kemudian simpan di dalam kulkas. Bayam juga bisa bertahan selama empat hari. Untuk menjaga kandungan gizi di dalamnya, jangan panaskan sayur bayam apabila sudah dimasak.

BACA JUGA:8 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Lalu seperti apa manfaat sayur bayam untuk kesehatan dalam tubuh? Melansir dari artikel berjudul "7 Manfaat Bayam dan Cara Mengolahnya" dimuat laman alodokter.com pada 12 April 2021, di antaranya meredakan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan mencegah kanker. Nah, berikut ini penjelasan dari beberapa manfaat sayur bayam.

1. Meredakan peradangan

Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat pada bayam bisa mencegah peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu, nyeri sendi yang disebabkan oleh penyakit rheumatoid arthritishal dapat dihindari.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alodokter.com