8 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Wortel bermanfat untuk kesehatan tubuh.-Couleur-pixabay.com/Couleur

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Wortel adalah jenis sayuran akar yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Mungkin bagi sebagian Moms belum mengetahuinya, ternyata Wortel memiliki manfaat lainnya seperti memperkuat tulang.

Lah kok bisa? Ya bisa dong, di dalam wortel terdapat kandungan tinggi kalium dan vitamin K. Tentunya wortel jenis sayuran ini sangat baik dikonsumsi bagi anak-anak, dalam proses masa pertumbuhannya untuk kesehatan tulang.

Bukan hanya kaya akan nutrisi, wortel juga memiliki kandungan vitamin dan mineral. Misalnya dalam 100 gram wortel, kalori yang di miliki sebanyak 41 kalori, karbohidrat 9,6 gram, air 88 persen, protein 0,9 gram, serat 2,8 gram, gula 4,7 gram, dan lemak 0,2 gram.

Sedangkan kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada wortel yaitu Vitamin A, B, C, E, K, beta-karoten, kalsium, fosfor, kalium, zat besi, alfa-karoten, lutein, dan yang lain sebagainya.

BACA JUGA:Gigi Berlubang? Cegah dan Rawat dengan Cara Ini

Sayuran wortel sangatlah mudah dijumpai, baik di pasar maupun di warung-warung sayur di lingkungan masyarakat. Wortel kerap kali digunakan sebagai bahan dasar masakan, misalnya membuat resep masak sop ayam, buncis hati ayam, dan lain-lainya.

Jadi, jangan heran jika Moms di rumah memasak masakan menggunakan wortel. Bukan hanya baik untuk kesehatan, wortel juga sangat nikmat bila dikombinasi dengan resep masakan lainnya.

Eits, nanti dulu. Bahasan kali ini bukan tentang resep makanan ya, melainkan membahas tentang manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Ada baiknya Moms simak ulasannya.

Melansir dari artikel berjudul "Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh Anda" dimuat laman klikdokter.com pada 9 November 2021, inilah delapan manfaat wortel.

BACA JUGA:Mata Minus? Begini Cara Mencegah dan Menguranginya

1. Menjaga kesehatan mata

Sebagian besar masyarakat Indonesia telah lama mengenal manfaat wortel. Kandungan vitamin A yang terdapat pada wortel berperan penting untuk menjaga kesehatan mata.

Berdasarkan penelitian apabila rutin mengonsumsi wortel dapat melindungi berbagai penyakit. Misalnya penyakit mata seperti mata rabun, katarak, dan masalah penyakit mata lainnya.

2. Menurunkan kolesterol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: klikdokter.com