7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Masakan kentang.-JamesHills-pixabay.com/JamesHills

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat tongkrongan yang asyik untuk dinikmati. Bahkan tak sedikit dari kawula muda pun meluangkan waktunya hanya sekedar menikmati secangkir kopi.

Menu yang ditawarkan pun beraneka ragam, bukan hanya minuman kopi, es teh dan jus. Makanan cemilan lainnya pun ikut disajikan. Seperti tela-tela yang terbuat dari kentang.

Berbicara soal kentang, umbi-umbian satu ini termasuk kategori jenis sayuran yang berasal dari Amerika Selatan. Lalu dalam perkembangannya menyebar ke seluruh Indonesia. Kentang sendiri dapat tumbuh dengan iklim yang sejuk seperti di kawasan dataran tinggi.

Kentang dapat diolah dengan berbagai macam makanan. Memiliki rasa yang hambar, kentang cocok sekali menjadi hidangan penutup atau pembuka.

BACA JUGA:8 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

Tak jarang kentang juga biasa digunakan oleh kaum Moms, dijadikan bahan dasar pelengkap masakan. Seperti masakan sayur asam, sop ayam, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, kentang juga merupakan salah satu bahan pokok. Selain ubi kayu dan jagung, kentang juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi, karena memiliki sumber kandungan karohidrat.

Selain, kandungan karbohidrat dan serat, kentang juga memiliki kandungan nutrisi lainya. Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia (DKPI), per 100 gram kentang memiliki kandungan nutrisi. Seperti, karbohidrat 13,5 gram, serat 0,5 gram, air 83,4 gram, kalori 62 kkal, protein 2,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 63 miligram, fosfor 58 milligram, zat besi 0,7 miligram, natrium 7,0 miligram, kalium 396 miligram, retinol (vitamin A) 0,0 mikrogram, beta karoten 0,0 mikrogram, karoten total 0,0 mikrogram, vitamin C 21 miligram, tembaga 0,4 mikrogram, seng 0,3 mikrogram, thiamin (Vit. B1) 0,09 miligram, riboflavin (Vit. B2) 0,10 miligram.

Kaya akan berbagai sumber vitamin dan mineral yang dimiliki, kentang sangatlah berperan penting bagi kesehatan. Kandungan vitamin dan mineral yang dimiliki kentang antara lain meliputi vitamin C, fosfor, kalium, dan kalsium.

BACA JUGA:Gigi Berlubang? Cegah dan Rawat dengan Cara Ini

Lalu seperti apa pengaruh manfaat kentang untuk kesehatan? Melansir dari artikel berjudul "Tak Hanya Mudah Diolah, Intip 7 manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh" dimuat laman hellosehat.com, inilah tujuh manfaat Kebaikan kentang bagi kesehatan Tubuh.

1. Menurunkan risiko penyakit kronis

Senyawa flavonoid, karotenoid dan asam fenolik yang dimiliki kentang berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh, yang akan mencegah radikal bebas yang muncul dan bisa merusak sel tubuh Anda.

Penumpukan radikal bebas yang terjadi dalam jangka panjang akan menimbulkan masalah. Salah satu faktor pemicu berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker hingga diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com