7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Masakan kentang.-JamesHills-pixabay.com/JamesHills

BACA JUGA:Mata Minus? Begini Cara Mencegah dan Menguranginya

Pada tahun 2011 sebuah penelitian dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukan bahwa antioksidan dalam kentang dapat menekan pertumbuhan kanker hati dan usus besar. Maka, untuk menurunkan risiko semua penyakit tersebut, kentang mejadi sangat penting untuk dikonsumsi.

2. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Siapa bilang kalau kentang membawa dampak buruk bagi penderita diabetes. Manfaat kentang lainnya dapat membantu mengendalikan kadar gula. Karena kandungan karbohidrat berperan penting, maka cukup aman bila kentang dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Kentang mempunyai kandungan pati resisten. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, tidak dapat sepenuhnya diserap oleh tubuh. Menurut penelitian, pati resisten dinyatakan dapat mengoptimalkan kerja insulin-hormon pengendali gula darah.

BACA JUGA:Rambut Tumbuh Cepat dengan Cara Ini, Patut Dicoba!

Pada tahun 2015, sebuah penelitian dalam jurnal Medicine (Baltimore), gula darah terbukti lebih stabil pada penderita diabetes tipe 2 setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten.

Ternyata, pati resisten bisa ditingkatkan loh. Apabila Moms di rumah menyimpan kentang rebus di dalam lemari es semalaman. Lalu pada hari berikutnya, kentang rebus dimakan kembali selagi masih dingin.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Ada manfaat lain dari kandungan pati resisten yang terdapat dalam kandungan kentang, ternyata bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Jadi, pada saat masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Pati resisten akan diubah oleh bakteri baik menjadi asam lemak rantai pendek.

BACA JUGA:Ingin Terlihat Awet Muda? Terapkan Cara Merawat Kulit Wajah Seperti Ini

Asam lemak rantai pendek ini juga mempunyai banyak manfaatnya, antara lain seperti dapat memperkuat pertahanan usus besar, mengurangi risiko peradangan di usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar).

Selain itu, pati resisten yang menghasilkan asam lemak rantai pendek juga dapat membantu pemulihan penderita infeksi usus, seperti penyakit divertikulitis atau Crohn.

4. Bebas kandungan gluten

Gluten adalah biji-bijian yang ditemukan dari jenis protein, seperti biji gandum. Gluten merupakan kandungan zat dalam kentang. Konsumsi kentang bisa dijadikan alternatif yang tepat, terutama penderita penyakit celiac untuk mengatasi masalah dalam mengonsumsi makanan. yang mengandung gluten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com