7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Kebaikan Kentang bagi Kesehatan Tubuh

Masakan kentang.-JamesHills-pixabay.com/JamesHills

BACA JUGA:7 Efek Begadang bagi Kesehatan Tubuh, Nomor 7 Bikin ‘Manyun’

Walaupun begitu, tak semua resep yang terbuat dari kentang terbebas dari gluten. Dari beberapa menu hidangan resep kentang mengandung gluten, seperti dalam saus atau roti kentang.

Sebelumya, bagi penderita yang memiliki penyakit celiac atau kondisi sensitivitas gluten, perhatikan terlebih dahulu untuk membaca daftar komposisi lengkap. Karena beberapa makanan sudah memilkiki label gluten free.

5. Menurunkan tekanan darah

Manfaat kentang lainnya adalah dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Karena terdapat dalam kentang adanya sumber kandungan kalium.

BACA JUGA:Tips Cara Hidup Sehat dan Sederhana yang Bisa Diterapkan, Renungkan Nomor 4

Kandungan kalium merupakan mineral yang berpengaruh untuk membantu menurunkan tekanan darah. Melalui pembulu darah, mineral berkerja dengan merangsang melebarkan ukuran pembuluh darah.

Di sisi lainnya, kandungan kalsium dan magnesium yang terdapat pada kentang juga berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah normal.

6. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam kentang dapat membantu menciptakan bahan kimia otak, yakni dopamin, noreprinefrin, dan serotin.

BACA JUGA:Ternyata Eh Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Konsumsi Ubi Jalar

Stres, gangguan kecemasan hingga depresi dapat diatasi dengan cara mengonsumsi kentang. Adanya kandungan kalium dalam kentang, bisa mendorong pelebaran pembuluh darah dan juga dapat membantu otak dipastikan cukup mendapatkan darah.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik, hal ini disebabkan oleh Karotenoid yang terdapat dalam kentang. Sebagai agen anti peradangan senyawa ini memiliki manfaat untuk mencegah kondisi penyumbatan pada dinding arteri jantung (Aterosklerosis).

Kandungan vitamin C dapat membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Sedangkan vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama metilasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: hellosehat.com