Mata Minus? Begini Cara Mencegah dan Menguranginya

Mata Minus? Begini Cara Mencegah dan Menguranginya

Alat tes penglihatan mata.-bspence81-pixabay.com/bspence81

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mata minus atau rabun jauh merupakan gangguan penglihatan yang membuat penderitanya dapat melihat objek yang dekat dengan jelas, namun objek yang jauh terlihat buram.

Mengenai masalah mata minus, banyak terdapat informasi yang beredar di masyarakat tentang cara mengurangi mata minus. Namun, tidak semua metode yang dipercaya masyarakat terbukti ampuh secara ilmiah.

Dikutip dari alodokter.com, mata minus yang disebut juga dengan miopi ini terjadi karena ukuran bola mata yang terlalu panjang atau kornea terlalu melengkung, sehingga cahaya dari suatu objek yang masuk ke mata tidak terfokus dengan baik ke retina. Akibatnya, penglihatan jarak jauh menjadi buram.

Mata minus biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya faktor genetik atau memiliki orang tua atau saudara kandung yang memiliki mata minus, terlahir prematur, sehingga menyebabkan terjadinya kelainan mata yang disebut retinopathy of prematurity (ROP), kebiasaan membaca atau melihat layar gadget terlalu lama, dan jarang beraktivitas di luar rumah.

BACA JUGA:Ikuti Cara Ini, Ikan di Kolam Pemancingan Tak Akan Berpaling

Selain dari faktor di atas adalah mata lelah. Penggunaan gawai secara terus menerus juga bisa mengakibatkan gangguan penglihatan. Kondisi mata ini tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Karena itulah, Anda mungkin ingin mencari cara mengurangi mata minus.

Apabila mata minus tidak segera di atasi, maka kondisi ini akan membahayakan diri Anda. Misalnya saat berkendaraan di malam hari, jarak pandang si penderita tentu sangatlah terbatas. Untuk mengatasinya segeralah mencari solusi yang terbaik.

Sebenarnya, cara mengurangi mata minus bukan untuk menghilangkan kondisi tersebut sepenuhnya. Melainkan, cara ini dilakukan supaya kondisi minus pada mata tidak semakin parah.

Lalu, bagaimana cara menguranginya? Melansir dari artikel berjudul "4 Cara Mengurangi Mata Minus dan Langkah Pencegahannya" dimuat laman siloamhospitals.com diunggah pada 18 November 2022, mata minus dapat diatasi dengan cara berikut.

BACA JUGA:Perhatikan Hal Ini, Dekorasi Rumah Minimalis Jadi Estetik

1. Menggunakan lensa korektif

Menggunakan lensa korektif adalah cara mengatasi mata minus yang pertama dan terbilang paling sederhana. lensa korektif yang dapat dipilih ada dua macam, yaitu lensa kontak dan kacamata. Hal yang membedakan dua jenis lensa korektif tersebut adalah cara menggunakannya.

Lensa kontak akan ditempelkan langsung pada selaput mata, sedangkan kacamata hanya digunakan pada bagian luar saja. Penggunaan kacamata atau lensa korektif ini bertujuan agar kelengkungan kornea tidak jadi semakin parah.

Lensa khusus tersebut bekerja dengan mengarahkan fokus cahaya agar jatuh tepat di retina. Dengan begitu, penglihatan pengguna lensa korektif ini jadi lebih jelas. Sebab, Anda hanya perlu menggunakan alat bantu baca ini tanpa harus melalui prosedur pembedahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber