Tips Membuat Pempek yang Nikmat Sesuai ‘Ilat Wong Pelembang’

Tips Membuat Pempek yang Nikmat Sesuai ‘Ilat Wong Pelembang’

Keunikan dari pempek Palembang ini terletak pada kenikmatan cita rasanya yang bisa berbeda-beda, tergantung siapa yang membuatnya.--ls.com/@jamaludin-muh

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Tak ada kata bosan buat pempek, makanan khas masyarakat Palembang yang sangat terkenal ini.

Bagi mereka yang sudah merasakan nikmatnya cita rasa pempek, sehari tak mengunyah pempek dan menghirup saus cuko yang aduhai sedap, seolah terasa hampa hidupnya.

Makan pempek tak kenal waktu. Bisa pagi saat sarapan, kunyahan sebelum atau sesudah makan siang, saat santai di sore hari, bahkan malam menjelang tidur. Ya, cuma tidur yang membuat pecinta dan penikmat pempek tak dapat merasakan gurihnya berbagai varian pempek.

Keunikan dari pempek ini terletak pada kenikmatan cita rasanya yang bisa berbeda-beda, tergantung siapa yang membuatnya.

BACA JUGA:6 Makanan Selain Pempek yang Layak Kamu Cobain Ketika Berkunjung ke Palembang

BACA JUGA:Pempek Palembang Naik Kelas, Makanan Universal yang disukai Masyarakat

Boleh dikatakan buatan pempek di keluarga Palembang yang satu dengan yang lainnya punya nuansa kenikmatan tersendiri. Bisa dikatakan setiap keluarga Palembang punya resep rahasia masing-masing.

Nah, untuk membuat pempek yang enak sesuai ilat (lidah) wong Pelembang, ada beberapa tips yang dapat Anda coba.

1. Gunakan ikan segar

Pilihlah jenis ikan yang segar seperti tenggiri, gabus (delek) atau belida untuk mendapatkan pempek yang lezat. Pastikan ikan benar-benar segar agar tekstur pempek nantinya tidak kenyal atau berbau amis.

BACA JUGA:Belum Lengkap Sarapan di Pagi Hari jika Belum ‘Ngirup Cuko’ Pempek

BACA JUGA:Pempek Tunu, Modal Sedikit Untung Selangit


Selain ikan tenggiri, kutak dan belida, daging ikan gabus (delek) juga biasa jadi bahan utama pembuatan pempek Palembang.-Vinson Tan ( 楊 祖 武 )-pixabay.com/vinsky2002

2. Rendam ikan dalam air garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber