Diberdayakan BRI, UMKM Kopi Asal Toraja Ini Bisa Ekspor dan Jadi Pemasok Coffee Shop di 5 Negara

Diberdayakan BRI, UMKM Kopi Toraja sukses tembus pasar ekspor dan jadi pemasok coffee shop di 5 negara.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
PALTV.CO.ID- Berangkat dari semangat kembali ke akar budaya dan menggali potensi lokal, ToRi Coffee membuktikan bahwa produk kopi Indonesia mampu bersaing di pasar global.
UMKM asal Toraja, Sulawesi Selatan ini didirikan oleh pasangan Citra Wulandari dan Fredy Pairunan pada 2 Februari 2020, setelah keduanya memutuskan meninggalkan pekerjaan di kota untuk membangun bisnis kopi di kampung halaman.
ToRi Coffee tak sekadar menghadirkan cita rasa kopi Toraja, tetapi juga membawa misi sosial.
Saat ini, usaha tersebut mempekerjakan 21 orang, termasuk mahasiswa paruh waktu, sekaligus mendampingi petani lokal dan memberikan edukasi bagi anak-anak mereka.
BACA JUGA:Jangkau 67 Ribu Desa, Agen BRILink Terus Perkuat Inklusi Keuangan di Indonesia
BACA JUGA:Lewat Dukungan BRI, Casa Grata Buktikan Camilan UMKM Bisa Mendunia
Setiap bulan, ToRi Coffee mampu memasarkan 275 kilogram roasted bean dan kopi bubuk yang tersebar di toko oleh-oleh Toraja, berbagai provinsi di Indonesia, hingga Australia, Prancis, Jepang, dan Belanda.
Perjalanan ToRi Coffee semakin dikenal setelah meraih penghargaan Best Newcomer di ajang BRI UMKM EXPO(RT) 2025, yang mengantarkannya ke pameran internasional FHA Food & Beverage 2025 di Singapura.
Diberdayakan BRI, UMKM Kopi Toraja sukses tembus pasar ekspor dan jadi pemasok coffee shop di 5 negara.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
Dari sini, peluang ekspor pun kian terbuka, termasuk ketertarikan pasar Singapura untuk memasok kopi Toraja.
Citra menegaskan bahwa capaian tersebut bukan hasil instan, melainkan buah dari proses panjang bersama dukungan strategis BRI.
Diberdayakan BRI, UMKM Kopi Toraja sukses tembus pasar ekspor dan jadi pemasok coffee shop di 5 negara.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)
Melalui akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program Pengusaha Muda BRILiaN 2022, ToRi Coffee mendapatkan pembinaan bisnis, branding, hingga digital marketing, yang berdampak langsung pada peningkatan pemasaran.
Ke depan, ToRi Coffee bertekad memperluas ekspor dalam skala besar, sambil terus memberdayakan masyarakat lokal dan memperkuat citra kopi Indonesia di dunia.(*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: