Hanya 10 Persen Generasi Muda di Indonesia yang Menjadi Petani, Bagaimana Nasib Indonesia 20 Tahun Lagi?

Hanya 10 Persen Generasi Muda di Indonesia yang Menjadi Petani, Bagaimana Nasib Indonesia 20 Tahun Lagi?

Wakil Ketua Umum DPP Pemuda Tani Sabam Rajagukguk melantik Ketua DPD Pemuda Tani Provinsi Sumsel sekaligus Ketua DPRD Kota Palembang Adzanu Getar Nusantara.-Irawan -paltv.co.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Tani Sabam Rajagukguk, melantik Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Tani Provinsi Sumatera Selatan Adzanu Getar Nusantara. 

Pelantikan dilaksanakan di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan, pada hari Jum'at tanggal 13 Januari 2023.

Ketua DPD Pemuda Tani Provinsi Sumatera Selatan Adzanu Getar Nusantara yang merupakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang ini, menyebut hasil survei bahwa baru sepuluh persen generasi muda di Indonesia yang menjadikan petani sebagai profesi. Adzanu mencemaskan nasib Indonesia jika dua puluh tahun ke depan saat petani sekarang sudah pensiun.

“Seperti kita ketahui, profesi petani ini adalah profesi yang usianya di atas 40 tahun. Nah ini menjadi PR bagi kita semua. Bisa kita bayangkan bagaimana jika 20 tahun yang akan datang mereka itu sudah pensiun, tidak ada lagi. Berdasarkan hasil survei baru 10 persen di Indonesia ini generasi mudanya yang beprofesi sebagai petani. Nah inilah yang menjadi PR untuk Pemuda Tani untuk meregenerasi petani di Indonesia,” ungkap Adzanu penuh semangat.

BACA JUGA:Meski Plafon Ruangan Belum Direnovasi, Jum’at Curhat Kapolres Ogan Ilir Bersama Warga Pemulutan Tetap Jalan

BACA JUGA:Kaum Milenial Bisa Juga Loh Beli Rumah Idaman, Begini Tipsnya

Adzanu bersama rekan-rekannya di DPD Pemuda Tani Sumsel akan segera bersinergi dengan program Gerakan Mandiri Pangan yang dicanangkan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.

“Tentunya dengan dilantiknya kepengurusan DPD Pemuda Tani Sumatera Selatan, kami akan sesegera mungkin bersinergi dengan program-program yang sudah dicanangkan oleh Bapak Gubernur Sumatera Selatan, yaitu Gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Kami akan senantiasa berkoordinasi dan berkolaborasi dengan stake holder yang menjadi mitra-mitra terkait, untuk sesegera mungkin menyusun program kerja DPD Pemuda Tani Sumatera Selatan,” jelas Adzanu.

Selain itu juga, Adzanu menegaskan akan selalu mengajak dan menciptakan petani-petani muda di Indonesia, khususnya generasi muda di Sumatera Selatan agar senang bertani.

Sementara itu, Wakil Ketua DPP Pemuda Tani Sabam Rajagukguk menjelaskan, komoditi pertanian sangat penting untuk kehidupan masyarakat.

BACA JUGA:Pemkab OKU Fokus Kembangkan Kawasan Pedesaan Agrowisata Ulu Ogan

BACA JUGA:Wah! Ternyata Ini Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

"Seperti yang kita lihat, petani kita banyak orang-orang yang lanjut usia. Makanya dibutuhkan pemuda yang bisa memperhatikan kehidupan para petani," ujar Sabam Rajagukguk.

Sabam Rajagukguk menyakinkan  dengan adanya Pemuda Tani di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sektor pertanian akan tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id