Pemkab OKU Fokus Kembangkan Kawasan Pedesaan Agrowisata Ulu Ogan

Pemkab OKU Fokus Kembangkan Kawasan Pedesaan Agrowisata Ulu Ogan

PJ Bupati OKU saat melakukan paparan rencana pembangunan Kawasan Pedesaan Agrowisata Ulu Ogan-Ari Pranika-paltv.co.id

OKU, PALTV.CO.ID - Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah menunjukan keseriusannya dalam membangun pariwisata di Kabupaten OKU. PJ Bupati Teddy saat ini fokus dalam mengembangkan kawasan Ulu Ogan menjadi kawasan agrowisata.

Dalam paparannya di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Gubernur Sumsel pada hari Kamis, 12 Januari 2023, yang dihadiri Sekda Sumsel SA Supriono, Teddy memaparkan rencana Program Pembangunan Kawasan Pedesaan Agrowisata Ulu Ogan Berbasis Masyarakat.

Menurut Teddy Meilwansyah, konsep pembangunan kawasan pedesaan berbasis masyarakat tertuang dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Pembangunan Kawasan Pedesaan. 

"Kawasan pedesaan merupakan kawasan yang mempunyai kegiatan utamanya adalah pertanian, termasuk di dalamnya pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman pedesaan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi," ucap Teddy pada paparannya.

BACA JUGA:Meski Plafon Ruangan Belum Direnovasi, Jum’at Curhat Kapolres Ogan Ilir Bersama Warga Pemulutan Tetap Jalan

BACA JUGA:Kaum Milenial Bisa Juga Loh Beli Rumah Idaman, Begini Tipsnya

Adapun desa yang ingin dikembangkan adalah desa yang berada di Kecamatan Ulu Ogan. Karena desa ini dinilai cukup memiliki potensi yang cukup tinggi dalam hal bidang pariwisata, dan ditunjang pula oleh lahan perkebunan kopi terbesar di Kabupaten OKU. 

"Di sisi lain, bidang perkebunan dan pariwisata terdapat permasalahan utama yang menjadi pertimbangan pembangunan kawasan pedesaan, salah satunya belum tersedianya infrastruktur jalan yang layak dan fasilitas penunjang infrastruktur jalan untuk mengangkut hasil perkebunan," jelas Teddy. 

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten OKU berharap kepada Pemerintah Provinsi Sumsel agar dapat bersinergi untuk membangun kawasan pedesaan Agrowisata Ulu Ogan berbasis masyarakat tersebut. Program yang digerakkan oleh Kabupaten OKU ini untuk bersinergi dengan program yang dilaksanakan oleh Provinsi Sumsel, yaitu Sumsel 1000 Wisata.

"Potensi wisatanya cukup menarik wisatawan dalam setahun terakhir. Dari segi jumlah pengunjung juga semakin meningkat setiap tahunnya. Ditambah lagi perkebunan kopi dan buah masyarakat juga sangat menunjang untuk dijadikan kawasan agrowisata," tandasnya.

BACA JUGA:Wah! Ternyata Ini Manfaat Air Kelapa Bagi Ibu Hamil

BACA JUGA:2023, BPJS Ketenagakerjaan Bidik Perlindungan Pekerja Informal

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel SA Supriono mengatakan, pembangunan untuk kemajuan destinasi wisata yang ada di Kabupaten OKU dalam mewujudkan program Pemerintah Sumsel yaitu Sumsel 1000 Wisata, harus dilakukan kerja sama mulai dari Pemerintah Provinsi Sumsel hingga ke Pemerintah Desa di setiap kabupaten dan kota. Di Sumsel yang mempunyai desa-desa yang berpotensi tinggi di bidang wisata seperti di Kabupaten OKU ini sudah cukup banyak.

"Selain hal itu, kita juga bisa memasarkan produk hasil petani kopi asal Kabupaten OKU kepada wisatawan, yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar destinasi wisata tentu dalam hal ini Pemerintah Provinsi Sumsel mendukung program yang telah dibuat oleh Kabupaten OKU," Ungkap Supriono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id