VVA vs. VTEC: Teknologi Andalan Yamaha yang Terinspirasi dari Honda

VVA vs. VTEC: Teknologi Andalan Yamaha yang Terinspirasi dari Honda--youtube.com/@ArieAnhar
PALTV.CO.ID,- Setiap produsen otomotif terus melakukan pengembangan baik dari sisi mesin maupun eksterior maupun interior kendaraan. Bebeapa teknologi produsen dapat saja dicontoh oleh produsen lain.
Seperti yang berikut akan kita kupas mengenai VVA vs VTEC yang merupakan teknologi andalan Yahama yang terinspirasi dari produk Honda.
1. VVA, Teknologi Yamaha yang Jadi Kebanggaan Fans
Dunia otomotif roda dua selalu punya inovasi baru, dan Yamaha adalah salah satu merek yang dikenal dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini jadi senjata utama Yamaha dalam meningkatkan performa mesin motor 150cc ke atas.
BACA JUGA:10 Game Tersembunyi di Google, Bisa Dimainkan Tanpa Instal
BACA JUGA:Taman Wisata Alam Punti Kayu Jadi Destinasi Favorit Warga Palembang Mengisi Libur Lebaran Idulfitri
Tapi, tahukah kalian kalau VVA sebenarnya terinspirasi dari teknologi Honda, yaitu VTEC? Meski mirip, VVA punya karakteristiknya sendiri dan telah menjadi fitur unggulan di berbagai motor Yamaha seperti NMAX, Aerox, R15, hingga MT-15.
2. Cara Kerja VVA: Mesin SOHC Rasa DOHC?
VVA dirancang untuk mengoptimalkan suplai bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar dengan sistem bukaan katup variabel. Teknologi ini membuat mesin tetap efisien di putaran rendah tetapi tetap bertenaga di putaran tinggi.
Secara teknis, Yamaha menggunakan dua profil cam di dalam mesin SOHC mereka. Saat putaran mesin rendah, profil cam low akan bekerja dengan bukaan katup yang lebih hemat bahan bakar.
BACA JUGA:Pengunjung Palembang Bird Park Membludak di Hari Ketiga Lebaran Idulfitri 1446 Hijriah
BACA JUGA:Bill Gates Bocorkan 3 Profesi yang Tetap Aman dari Serbuan AI!
Begitu mesin mencapai 6.000 RPM, ECU akan mengaktifkan solenoid yang mendorong pin untuk mengubah ke profil cam high, yang memungkinkan suplai udara dan bahan bakar lebih besar.
Sederhananya, VVA membuat motor SOHC Yamaha punya tenaga yang merata dari bawah hingga atas, tanpa kehilangan efisiensi bahan bakar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber