Operator Seluler Mulai Menyediakan eSIM, pelanggan tak perlu bongkar pasang kartu SIM.

Operator Seluler Mulai Menyediakan eSIM, pelanggan tak perlu bongkar pasang kartu SIM.

Operator Seluler saat ini sudah menyiapkan eSIM sebagai pengganti kartu SIM fisik. jadi tidak ada lagi kartu perdana atau fisik kartu SIM pada HP.--free pik.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Selamat tinggal kartu perdana ataupun kartu SIM. Sebab mulai sekarang, pengguna ponsel sudah bisa beralih ke kartu elektronik. Sejumlah operator saat ini mulai melakukan perubahan terhadap kartu fisik SIM. Beberapa operator seluler mulai mengadobsi teknologi Embedded Subcriber Identity Module (eSIM)

Teknologi ini memungkinkan pelanggan agar tidak repot lagi menggunakan SIM fisik di smartphone mereka. Artinya pelanggan tidak perlu lagi membeli kartu perdana seperti sekarang ini. 

Esim adalah teknologi yang memungkinkan perangkat ponsel untuk menggunakan kartu SIM elektronik yang terintegrasi secara langsung ke dalam perangkat, tanpa memerlukan kartu fisik yang harus dipasang atau diganti.

eSIM mulai dipakai pada beberapa perangkat ponsel terbaru dan telah diperkenalkan oleh beberapa operator seluler di berbagai negara. eSIM digunakan dalam situasi di mana pengguna ingin mengubah operator seluler tanpa harus mengganti kartu fisik atau ketika perangkat tidak memiliki slot fisik untuk kartu SIM.

BACA JUGA:Lebih dari 'Seriwu' Tahun! Palembang Kota Tertua di Indonesia, Benarkah?

BACA JUGA:Menggali Potensi Diri dan Temukan Kekuatan Tersembunyi yang Ada Di Dalam Diri Anda

Ada beberapa keunggulan dalam menggunakan eSIM (Embedded Subscriber Identity Module) dibandingkan dengan kartu fisik:

1. Kemudahan Pemasangan: eSIM terintegrasi langsung ke dalam perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet. Anda tidak perlu lagi menyisipkan atau mengganti kartu fisik secara manual. Cukup dengan mengaktifkan eSIM melalui pengaturan perangkat Anda, dan Anda siap untuk menggunakan jaringan seluler.

2. Kemudahan Penggunaan Ganda: Dengan eSIM, Anda dapat memiliki beberapa profil operator dalam satu perangkat. Ini berarti Anda dapat dengan mudah beralih antara operator atau mengakses jaringan seluler dari berbagai negara tanpa perlu menukar kartu fisik. Anda dapat memilih profil yang sesuai dengan kebutuhan Anda pada saat itu.

3. Ruang Fisik yang Lebih Banyak: eSIM menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kartu fisik ke dalam perangkat, sehingga memberikan lebih banyak ruang dalam perangkat untuk komponen lainnya. Ini dapat memungkinkan desain perangkat yang lebih ramping dan fitur tambahan yang lebih banyak.

BACA JUGA:Satria-1 Mengangkasa Menyebar Sinyal Internet Ke Pelosok Negeri

BACA JUGA:Lapak Dibongkar Pedagang Pasar 16 Ilir Menangis Histeris

4 .Keamanan yang Lebih Baik: eSIM menggunakan enkripsi yang kuat untuk melindungi informasi pengguna, termasuk identitas operator. Ini dapat mengurangi risiko kartu fisik hilang atau dicuri, yang dapat digunakan untuk akses yang tidak sah ke jaringan dan data pengguna.

5. Pembaruan Perangkat Lunak: eSIM memungkinkan operator untuk memperbarui profil jaringan langsung ke perangkat Anda melalui pembaruan perangkat lunak. Ini dapat memperbaiki masalah jaringan, meningkatkan kualitas sinyal, atau menambahkan fitur baru tanpa perlu mengganti kartu fisik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber