Gaji Anda Hanya UMR ? Ini Tips Memulai Bisnis dengan Modal 1 Juta
cara mengelola modal 1 juta untuk memulai bisnis-- (tangkapan layar youtube raymond chin.jpg)
BACA JUGA:Punggawa Timnas Argentina Mulai Cicipi Rumput SUGBK, De Paul Cs Tak Remehkan Indonesia!
III. Trifecta Planning: Produk
Raymond membagi perencanaan bisnis ke dalam tiga aspek: produk, pemasaran, dan operasi. Dia menyarankan alokasi anggaran 40% untuk produk, 40% untuk pemasaran, dan 20% untuk operasi.
Dalam hal produk, dia menekankan pentingnya melakukan riset dan menguji produk dengan anggaran yang terbatas. Dia menyarankan untuk tidak menghabiskan semua modal awal untuk stok barang, tetapi menggunakan sebagian untuk eksperimen dan mencari tahu resep atau desain produk yang berhasil.
IV. Trifecta Planning: Pemasaran
Raymond menekankan pentingnya membangun fondasi pemasaran sebelum fokus pada distribusi. Dia menyarankan agar sebagian besar anggaran pemasaran digunakan untuk memperbaiki merek dan menciptakan penampilan yang baik secara online, misalnya dengan membayar desainer untuk desain logo dan konten sosial media.
Dia juga menyarankan penggunaan strategi pemasaran gratis seperti memanfaatkan komunitas, memposting di Instagram, dan meminta bantuan teman untuk membagikan produk.
V. Trifecta Planning: Operasi
Raymond menjelaskan bahwa alokasi anggaran 20% untuk operasi penting untuk keperluan logistik dan akuntansi. Dia menekankan pentingnya pencatatan keuangan, terutama di awal bisnis.
Pencatatan yang baik memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak pesanan, mengelola persediaan, dan memantau arus kas. Raymond menyarankan untuk menggunakan software atau aplikasi keuangan yang sederhana dan terjangkau untuk membantu dalam pencatatan keuangan.
BACA JUGA:Lama Tak berhubungan Sex, Apa yang Terjadi Pada Tubuh Wanita?
BACA JUGA:Patut Ditiru! Inilah 7 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Orang Kaya habiskan waktu libur akhir pekan
VI. Skala Bisnis Secara Bertahap
Raymond menjelaskan bahwa dengan modal awal yang terbatas, penting untuk membangun bisnis secara bertahap. Alih-alih mencoba menjangkau pasar yang terlalu luas, dia menyarankan untuk memulai dengan target pasar yang lebih kecil dan membangun basis pelanggan yang setia.
Dengan cara ini, bisnis dapat mengalokasikan sumber daya dengan lebih efisien dan fokus pada memberikan nilai yang baik kepada pelanggan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: berbagai sumber