Tergigit Anjing Gila? Bagaimana Penanganannya?

Tergigit Anjing Gila? Bagaimana Penanganannya?

Penyakit rabies ditularkan dari air liur anjing yang rabies. Perlu penanganan yang cepat jika tergigit anjing rabies.--pixabay.com/@aleksey

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Salah satu penyakit yang paling populer menjangkit anjing adalah Rabies. Hal ini biasanya terjadi karena anjing terkena  gigitan hewan lain yang terkena Rabies.

Air liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung dari hewan rabies dapat menular ke hewan rabies lainnya pula. Rabies termasuk dalam penyakit Zoonosis, yaitu penyakit yang dapat menular ke manusia.

Anjing menjadi salah satu hewan favorit bagi pecinta hewan. Peliharaan nan menggemaskan ini, bukanlah suatu hal yang jarang ditemui di masyarakat Indonesia. Berbagai perawatan dengan biaya yang relatif mahal rela dikeluarkan oleh pecinta anjing agar peliharannya sehat dan terbebas dari berbagai penyakit dan virus.

Sebelumnya cerita tentang gigitan anjing ini viral di dunia maya. Berita dari Buleleng, Bali. Dikabarkan bocah berusaia 5 tahun meninggal dunia yang disebabkan oleh gigitan anjing peliharaannnya.

BACA JUGA:Bosan ke Bali! Nusa Tenggara Timur Lebih Menarik dan Indah

BACA JUGA:Kisah Inspratif: Harus Menerima Kehilangan Panca Indera Penglihatan, Terus Berjuang Meraih Prestasi

Gadis kecil bernama Gina didiagnosis suspek rabies setelah dilarikan ke RSUD Buleleng dengan keluhan tidak bisa minum air, nyeri, gelisah, dan rasa takut saat melihat anjing. Senin, (11/06/2023)

Dilansir dari laman online alodokter.com memaparkan bahwa gejala umum yang dapat diamati dari korban yang terpapar virus Rabies adalah demam atau menggigil, kesemutan, sakit kepala, lelah atau lemas, hilang nafsu makan.

Jika tidak segera ditangani kondisi korban akan semakin memburuk, dengan tanda keluhan kram otak, sesak napas, halusinasi, bahkan koma.

Jika anda tergigit ‘anjing gila’ harus sesegera mungkin meminta pertolongan medis guna penanganan yang tepat. Ada beberapa hal yang dapat kita upayakan secara mandiri sembari menanti penanganan medis datang, yaitu:

BACA JUGA:Polda Sumsel Bentuk Tim Gabungan Usut Kasus Kematian Aipda Paembonan

BACA JUGA:Melampaui Gaji UMR: Alternatif Pendapatan Sampingan yang Menguntungkan

1. Tekan bagian gigitan yang berdarah menggunakan kain bersih atau kasa

2. Bersihkan area gigitan dengan sabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber