Energi Berkelanjutan, Digital Twin sebagai Kunci Efisiensi Energi

Energi Berkelanjutan, Digital Twin sebagai Kunci Efisiensi Energi

Set Teknologi Kembaran Digital -vektor_makro-freepik

PALTV.CO.ID- Digital twin adalah konsep yang telah mengubah cara kita memahami dan berinteraksi dengan berbagai sistem dan proses fisik.

Secara sederhana, digital twin adalah representasi digital dari objek fisik, sistem, atau proses yang memungkinkan pengguna untuk memantau, menganalisis, dan bahkan mengendalikan objek tersebut secara real-time.

Konsep ini tidak hanya sekedar model 3D atau simulasi, tetapi merupakan kembaran digital yang terhubung secara langsung ke objek fisik melalui data dan sensor.

Digital twin pertama kali diperkenalkan di industri manufaktur dan dirgantara, di mana sistem yang kompleks membutuhkan pemantauan yang cermat untuk memastikan efisiensi dan ketahanan.

BACA JUGA:Ini Komitmen Setelah Sumpah Jabatan Presiden Prabowo Subianto

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Terima dan Apresiasi Kunjungan Panitia Kerja II DPRD Kabupaten Lahat

Seiring waktu, teknologi ini mulai diadopsi oleh berbagai sektor lain seperti kesehatan, otomotif, energi, hingga pembangunan perkotaan pintar.

Hal ini karena digital twin menawarkan keuntungan signifikan, seperti penghematan biaya, optimasi proses, peningkatan kualitas, serta kemampuan untuk memprediksi dan mencegah masalah sebelum terjadi.

Pada dasarnya, digital twin bekerja dengan cara mengumpulkan data dari sensor yang terpasang pada objek fisik. Data ini kemudian dikirim ke sistem digital, di mana model digital akan memproses informasi tersebut.

Model digital ini bukan hanya sekedar visualisasi; ia mencerminkan setiap aspek operasional dari objek fisik, memungkinkan pengembang untuk melakukan simulasi, analisis, dan pengujian dalam lingkungan digital sebelum diterapkan pada objek fisik.


Pameran seni digital yang imersif-freepik-freepik

Dengan demikian, pengguna dapat memprediksi kinerja sistem, mengidentifikasi potensi masalah, dan mengoptimalkan proses sebelum membuat perubahan nyata pada objek fisik.

Salah satu tren utama dalam teknologi digital twin adalah penerapannya dalam pengembangan kota pintar.

Pemerintah kota di seluruh dunia mulai mengadopsi digital twin untuk memantau infrastruktur perkotaan, dari jaringan listrik hingga sistem lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber