Tinggalkan Dompet! NFC Bayar Segala Sesuatu dengan Sentuhan

 Tinggalkan Dompet! NFC Bayar Segala Sesuatu dengan Sentuhan

Orang yang membayar menggunakan teknologi NFC-freepik-freepik

tergantung pada pengaturan perangkat pengguna. Hal ini membantu mengurangi risiko pencurian data atau penipuan.


Pelanggan sudut tinggi membayar dengan perangkat NFC -gratispik-freepik

Selain itu, NFC juga memiliki keuntungan dari segi privasi, karena informasi pribadi dan data kartu kredit tidak dibagikan langsung dengan merchant selama transaksi.

Penggunaan tokenisasi di mana nomor kartu diubah menjadi kode unik untuk setiap transaksi, menambah lapisan keamanan lebih lanjut.

Dalam beberapa tahun terakhir, adopsi teknologi NFC terus meningkat, seiring dengan tren pembayaran digital yang semakin meluas.

Perusahaan teknologi besar seperti Apple, Google, dan Samsung telah memasukkan NFC ke dalam perangkat mereka untuk mendukung layanan pembayaran mobile seperti Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay.

Ini memudahkan pengguna untuk menyimpan kartu kredit atau debit mereka di dalam aplikasi wallet digital dan menggunakannya untuk berbagai transaksi sehari-hari.

BACA JUGA:Bagaimana Ya Mengelola Puing-Puing Perang Gaza Setelah Setahun Konflik

BACA JUGA:Penjualan Honda Meningkat di Tengah Perkembangan Mobil Listrik

Selain untuk pembayaran, NFC juga memiliki banyak aplikasi lain yang memperkaya pengalaman pengguna.

Dalam dunia transportasi, misalnya, banyak sistem tiket transportasi publik di seluruh dunia yang menggunakan NFC untuk memudahkan penumpang membeli tiket dan masuk ke kereta atau bus hanya dengan menggunakan ponsel mereka.

NFC juga digunakan dalam berbagai aplikasi lain seperti membuka pintu hotel, mengakses tempat kerja, atau berbagi informasi kontak dengan cepat.

Namun, meski NFC menawarkan berbagai manfaat, tantangan tetap ada. Salah satu tantangan utama adalah belum meratanya dukungan terhadap teknologi NFC di seluruh dunia.

Beberapa negara dan wilayah, terutama yang sedang berkembang, belum sepenuhnya mengadopsi teknologi ini, baik dari segi infrastruktur maupun perangkat yang mendukungnya.

Selain itu, ada pula kekhawatiran terkait kompatibilitas antara berbagai sistem pembayaran digital yang menggunakan NFC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber